Perangkat teknologi dibuat tak hanya sekedar untuk kebutuhan bekerja saja, melainkan juga sebagai sarana hiburan untuk manusia. Dengan adanya komputer dan juga laptop maka Anda bisa menonton film, hingga gaming lebih leluasa di rumah. Bahkan beberapa diantaranya sengaja dibuat khusus untuk kebutuhan hiburan. Salah satu contohnya adalah komputer atau laptop gaming. Pastinya jenis yang satu ini tak kalah populer jika dibandingkan dengan laptop grafis maupun seri standard bukan.

Ia dibuat bagi Anda yang memang mencintai atau hobby main game, sehingga berlama-lama menggunakan untuk kebutuhan hiburan bukan sebuah masalah, karena daya tahannya yang lebih baik dibandingkan dengan laptop standard. Umumnya komputer atau laptop segi gaming ini sendiri menerapkan beberapa prinsip kerja yang lebih unggul, diantaranya adalah dari segi:

  1. Baterai, laptop memiliki ciri khas yaitu keberadaan baterai, sehingga memungkinkan penggunanya tak ketergantungan dengan aliran listrik secara langsung, dalam penggunaan standar ia bisa tahan hingga berjam-jam, namun untuk main game umumnya hanya bisa digunakan selama beberapa saat saja. Laptop khusus gaming dibekali dengan baterai berkapasitas tinggi, sehingga memungkinkan penggunaan lebih tahan lama.
  2. Inti processor atau yang lebih dikenal dengan istilah core, memilih laptop standard, dengan core 2 ataupun 3 sudah cukup, namun untuk kebutuhan gaming tentunya Anda butuhkan yang lebih tinggi tingkatannya, karena dengan ukuran yang lebih banyak, memungkinkan kinerjanya juga lebih cepat dalam merespon.
  3. Grafis, tak kalah penting juga bagian grafis atau tampilan, bermain game membuat Anda harus nyaman dalam melihat tokoh-tokoh yang ada di dalamnya bukan. Sehingga grafis ini menjadi bagian yang sangat penting, sehingga pengguna juga tak mudah mengalami sakit mata.

Laptop gaming banyak dijual di pasaran dengan harga mulai dari 5 jutaan rupiah. Akan lebih tahan lama jika Anda juga menerapkan prinsip ini dalam penggunaannya, diantaranya adalah:

  1. Pastikan untuk selalu menggunakan kurang dari 12 jam untuk ngegame, bagi Anda yang memakainya khusus hanya untuk bermain game, maka jangan terlalu berlebihan, batasi dalam jangka waktu maksimal 12 jam saja, sehingga mesin tak mudah panas.
  2. Jangan digunakan dalam kondisi tengah dicharger, aliran listrik yang masuk kemudian dikeluarkan lagi hanya akan membuat baterai Anda terbebani, sehingga mudah mengalami kerusakan.
  3. Jika sudah mulai panas, maka sebaiknya Anda menambahkan cooling pad, ini adalah sarana yang efektif dalam mempercepat pendinginan mesin. Sehingga kipas angin dalam tak terlalu terbebani dalam bekerja.

Apapun jenis laptop Anda sebenarnya tetap bisa digunakan untuk kebutuhan gaming, namun untuk tingkat penggunaan yang tinggi, sebaiknya pilih seri laptop gaming khusus, sehingga lebih nyaman dan juga awet.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *