Saat ini berbagai macam kebutuhan mengalami peningkatan harga yang tidak jarang membuat seseorang harus berfikir ekstra keras untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu cara yang dapat Anda pilih agar Anda mampu memperoleh pendapatan tambahan adalah dengan membuka usaha sampingan. Akan tetapi, agar bisnis atau usaha yang Anda bangun dapat bertahan lama, Anda harus menggunakan kreativitas yang Anda miliki termasuk untuk bisnis sampingan.

Terdapat beberapa jenis bisnis sampingan yang membutuhkan kreativitas tinggi. Pertama adalah penulis. Siapa yang mengatakan jika menjadi penulis adalah pekerjaan yang mudah? Siapa saja dapat menulis akan tetapi, untuk dapat membuat tulisan-tulisan yang berkualitas dan layak untuk dibaca, seseorang harus mampu untuk memilih dan menggabungkan kata-kata agar enak dan mudah mengerti ketika dibaca. Salah satunya adalah dengan menjadi penulis artikel, terutama saat ini Google menggunakan algoritma panda 4.2 yang mengharuskan pengelola web untuk memiliki konten yang berkualitas dan tidak copy paste.

Usaha sampingan kedua yang membutuhkan kreativitas adalah designer. Orang yang bertugas membuat design tersebut saat ini tidak hanya terpaku pada design yang dipergunakan di iklan atau untuk perusahaan, namun juga designer untuk baju seperti kaos distro. Para designer kaos bertanggung jawab untuk membuat design yang dapat membuat kaos polos menjadi menarik dengan menambahkan gradasi warna tertentu, gambar dan juga tulisan tertentu.

Ketiga adalah usaha yang bekerja di bidang kerajinan. Tidak dapat dipungkiri untuk dapat menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai jual yang tinggi, para pengrajin harus mampu untuk memproduksi produk dengan menggunakan kreatifitas yang tinggi. Bahan baku yang ada di alam dapat diracik atau disatukan dan dipergunakan untuk membuat suatu produk. Tidak hanya dengan bahan baku yang mahal yang dapat digunakan namun juga bahan baku yang dapat di daur ulang. Saat ini, banyak ditemukan produk dari bisnis daur ulang misalnya dari koran, plastik atau bungkus permen yang digabungkan dan menjadi tas, menggunakan klobot jagung atau dengan bahan yang ada di sekitar Anda.

Kreativitas dalam usaha sampingan, dapat menghasilkan penghasilan yang tinggi karena kualitas dari produk yang Anda hasilkan akan memiliki harga yang tinggi. Semakin besar kreatifitas yang dipergunakan untuk membangun sebuah usaha, akan dapat membantu atau menjadi salah satu faktor agar bisnis Anda dapat bertahan. Walaupun bermula dari bisnis sampingan yang awalnya didirikan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dengan kerja keras, penggunaan kreatifitas yang Anda miliki baik dalam memproduksi produk baik barang atau jasa namun juga marketing atau promosi, bisnis tersebut dapat berubah menjadi bisnis utama. Hasilnya, tidak hanya Anda yang akan mendapatkan keuntungan dan penghasilan namun juga dapat membantu membuka lapangan pekerjaan yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *