Home Food 3 Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat

3 Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat

by Erin Nuzulia

Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi, sebagai sumber karbohidrat yang wajib dipenuhi asupan nutrisi tubuh. Oleh karena itu, memiliki rice cooker adalah salah satu hal yang penting. Rice cooker tidak hanya berguna untuk memasak nasi, tetapi juga mampu memasak bubur, mengukus, hingga memasak jenis makanan lainnya. Di Indonesia sendiri terdapat begitu banyak dan jenis rice cooker. Harga rice cooker pun ada yang murah sampai ada yang mahal karena beragam fitur dan kegunaan yang ditawarkan.

Agar kita tidak mengalami kesalahan dalam membeli rice cooker, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Jangan sampai kita sudah mengeluarkan uang yang banyak, eh ternyata mendapatkan rice cooker dengan kualitas yang jelek. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui kebutuhan rice cooker dan pengetahuan mengenai rice cooker yang beredar di pasaran. Rice cooker juga menjadi kunci enak atau tidaknya nasi yang kita makan. Untuk itu, yuk perhatikan beberapa tips memilih rice cooker yang tepat di bawah ini.

3 Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat

  1. Pilih metode pemanasan yang tepat

Ada empat tipe pemanasan rice cooker yang bisa Anda pilih. Tentu saja setiap tipe menawarkan hasil kualitas nasi dan harga yang berbeda.

  • Tipe Induction heating

Tipe ini mampu memanaskan bagian dalam panci penanak nasi secara keseluruhan sehingga nasi matang sempurna. Dengan tingkat panas yang tidak terlalu tinggi, akan menghasilkan tekstur nasi yang sedikit pera, tetapi terasa pulen. Keuntungan memilih tipe ini adalah harganya relatif terjangkau dan gampang dibersihkan.

  • Tipe pressure induction heating

Tipe ini adalah teknologi pengembangan lanjutan dari teknologi induction heat dengan penambahan fitur tekanan. Tingkat panas yang dihasilkan tinggi dan mampu mencapai ke dalam nasi sehingga memunculkan rasa manis yang ada di dalam nasi. Pada rice cooker tipe ini, ada pressure ball yang mampu mempersingkat waktu penanakan nasi. Tipe ini dianggap sebagai tipe terbaik.

  • Tipe gas
Baca Juga:  Tips Mudah untuk Mendapatkan Harga Rice Cooker Murah dengan Kualitas Bagus

Rice cooker dengan tipe ini membutuhkan masak nasi langsung di atas kompor gas. Rasa nasi yang dihasilkan akan mirip seperti memasak nasi di atas tungku. Adapun tekstur nasi yang dihasilkan menggunakan rice cooker ini adalah lebih lengket dengan rasa manis dan lezat. Kelebihan tipe ini adalah perawatannya mudah dan tidak merepotkan. Untuk menggunakan rice cooker ini, Anda bisa menggunakan LPG.

  • Tipe microcomputer

Tipe ini menghasilkan panas hanya dari bagian bawah saja, terkadang kematangan nasi menjadi tidak merata. Kelemahan tipe ini adalah pancinya tipis, kualitas nasinya tidak terlalu baik. Nasi akan mudah mengeras jika dipanaskan lebih dari 3 jam dan mengering setelah dipanaskan lebih dari 8 jam.

  1. Pilih berdasarkan bahan dasar panci

Enak atau tidaknya nasi yang dihasilkan oleh rice cooker bergantung pada bahan panci yang ada di dalam rice cooker. Adapun bahan yang biasa digunakan adalah baja, tembaga, dan keramik. Bahan panci yang terbuat dari baja akan menghasilkan nasi yang lezat dan menjaga nutrisi beras. Waktu memasak pun lebih singkat.

Sedangkan panci berbahan dasar tembaga bisa mentransfer panas lebih cepat dari baja sehingga nasi lebih lezat, mani, dan kematangannya merata. Kalau rice cooker yang menggunakan panci berbahan dasar keramik mampu menghemat listrik karena suhu tidak mudah turun setelah dipanaskan. Panas akan tersimpan merata ke seluruh nasi, dengan tekstur manis dan lezat. Meski begitu, nasi juga mudah berkerak.

  1. Pilih kapasitas sesuai kebutuhan

Pastikan Ada memilih rice cooker sesuai dengan kebutuhan Anda. Kalau Anda tinggal sendiri, pilih rice cooker yang berkapasitas 0,5 liter. Sedangkan kalau Anda beranggotakan minimal 3 orang, pilih rico cooker berkapasitas 1 liter. Sedangkan jika lebih dari 5 orang, pilih yang berkapasitas 1,8 liter.

Baca Juga:  Jangan Hanya Pertimbangkan Harga Rice Cooker, Ini Pertimbangan Lain yang Harus Dilakukan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More