Apakah Anda suka mengambil gambar dan video dengan kamera digital? Beberapa produk ini akan membuat hasil gambar dan video Anda lebih maksimal.

  4 Aksesoris Kamera Digital yang Wajib Anda Miliki

  • Tripod

Salah satu aksesori paling penting bagi fotografer atau videografer. Tripod memungkinkan Anda menjaga kamera tetap stabil dan mengurangi goyangan kamera. Apalagi bagi Anda yang sering mengalami tremor tangan, tripod akan sangat membantu. Tidak hanya itu, tripod akan membantu Anda menangkap foto-foto eksposur panjang, seperti tata bintang di galaksi, jejak bintang atau foto pada malam hari.  Memiliki tripod yang kuat adalah investasi masa depan yang sangat baik. Anda bisa membuat perbedaan besar dalam mencapai presisi dalam foto.

Tripod dapat ditemukan dalam berbagai ukuran. Sesuaikanlah tripod dengan kamera. Punya kamera kecil yang ringan? Pilihlah tripod yang kecil. Tetapi jika Anda menggunakan kamera digital yang sekarang banyak di pasaran pilihlah tripod sedang.

  • Lensa

Lensa yang Anda pilih pasti akan memberi pengaruh besar pada kualitas gambar. Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih lensa yang tepat adalah panjang fokus yang Anda butuhkan.

Memotret pemandangan? Maka Anda mungkin perlu menggunakan lensa yang lebih lebar seperti lensa 18mm atau 24mm. Jika Anda memotret pemandangan kota yang berfokus pada orang-orang,  Anda membutuhkan lensa normal yang berkisar 35mm atau 50mm. Dan jika Anda ingin mengambil video yang jauh dan luas seperti pertandingan sepak bola, yang Anda perlukan adalah lensa telefoto.

Dengan beragam lensa tersedia untuk kamera mungkin tampak cukup membingungkan untuk Anda. Jika Anda bingung pilihlah lensa prima. Lensa prima adalah lensa yang memiliki focal length tetap, dan tidak memiliki fungsi zoom. Lensa ini tersedia dalam rentang panjang fokus yang luas seperti 24mm, 50mm, 80mm dan seterusnya.

  • Remote Shutter Release

Salah satu aksesori kamera digital yang harus dibeli adalah pelepas rana jarak jauh. Anda tak perlu memencet tombol di kamera Anda, melainkan dengan menggunakan remote shutter realease. Alat ini dapat mengurangi goncangan kamera. Goncangan pada kamera ketika memfoto dan memvideo biasanya disebabkan oleh tekanan jari Anda yang mengaktifkan rana kamera.

Pernah berfoto dengan teman-teman tetapi Anda tidak bisa ikut karena harus memotretkan. Dengan adanya remote shutter release, Anda tetap bisa memencet rana kamera walaupun berada di tengah-tengah teman Anda.

  • Tas Kamera

Kamera digital sekarang ini memiliki harga yang cukup mahal? Oleh sebab itu Anda wajib memiliki tas kamera. Anda memerlukan tas kamera berkualitas tinggi untuk menjaga investasi mahal Anda yaitu kamera tetap aman dan terlindungi. Sangat penting bagi Anda untuk membeli tas kamera yang dirancang untuk menyimpan kamera dan lensa. Tas ini akan diisi dengan bantalan untuk membagi tas ke berbagai bagian. Dengan begitu, kamera dan aksesoris yang berharga tetap aman.

Sebelum Anda mulai memotret dan merekam video fantastis, penting bagi Anda untuk memiliki peralatan yang tepat. Dari banyaknya aksesoris kamera, empat hal di atas adalah pokok dan wajib Anda miliki.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *