Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling terkenal dan digunakan oleh banyak orang. Alat ini mempunyai beberapa jenis yang ada di pasaran yaitu ada gitar akustik, gitar elektrik, atau jenis gitar akustik elektrik. Dimana perbedaan gitar tersebut adalah dari suara yang dihasilkan dan juga media yang digunakan. Untuk gitar elektrik misalnya dapat untuk menggunakan amplifier yang merupakan alat untuk dapat meningkatkan dan juga mengeraskan suara yang dihasilkan dari petikan gitar tersebut. Ampli gitar ini mempunyai beberapa jenis yang ada berdasarkan komponennya. Seperti perbedaan jenis amplifier gitar berikut ini:

 4 Jenis Pilihan Ampli Gitar Berdasarkan Komponennya

  • Tube amplifier

Jenis amplifier gitar yang pertama adalah tube amplifier atau amplifier tabung. Jenis ini masih banyak diproduksi dan juga digunakan oleh beberapa kalangan terutama untuk yang musisi blues karena jenis ini dapat menghasilkan suara yang lembut dan juga tebal. Kelebihan dari amplifier tube ini adalah dapat untuk menghasilkan suara yang lebih kuat dan powerful daripada jenis lainnya. Sehingga menjadi pilihan yang terbaik untuk amplifier gitar karena menghasilkan suara yang terbaik. Akan tetapi untuk kelemahan dari jenis ini adalah terbuat dari bahan yang mudah rusak dan pecah. Karena bahannya menggunakan kaca sehingga mudah pecah apabila tidak berhati-hati. Selain itu kelemahan lainnya adalah cepat aus sehingga sparepartnya harus diganti secara berkala.

  • Solid state

Jenis ampli gitar selanjutnya yang bisa dipilih adalah solid state yang mempunyai transistor yang dapat digunakan untuk menangkap sinyal dari gitar pada pre-amp. Untuk kelebihan dari jenis ampli ini adalah mempunyai daya tahan yang lebih baik daripada jenis sebelumnya. Jenis ini tidak mudah rusak dan juga mempunyai harga yang lebih murah. Sehingga menjadi incaran banyak gitaris karena harganya yang lebih terjangkau. Sedangkan untuk kelemahan dari jenis ampli ini adalah mempunyai suara yang kasar dan juga kurang alami daripada jenis tube amplifier.

Baca Juga:Jenis-jenis Sound System Terbaru Dilihat dari Fungsinya

  • Digital amplifier

Jenis selanjutnya yang dapat dipilih adalah digital amplifier yang menggunakan digital processor sehingga lebih canggih. Jenis ini dapat untuk menghasilkan suara secara digital dan merupakan jenis yang populer sekarang ini. Jenis ampli ini membantu untuk meningkatkan daya kreativitas gitaris sehingga banyak gitaris yang menggunakannya. Selain itu kelebihan lainnya adalah dari suaranya yang sama seperti gitar asli sehingga tidak heran apabila jenis ini semakin populer.

  • Hybrid amplifier

Dan jenis terakhir yang ada adalah hybrid amplifier yang merupakan ampli gitar yang merupakan gabungan dari solid state amps dan juga per tabung. Sehingga mendapatkan jenis yang baru yaitu hybrid amplifier. Harga amplifier untuk gitar ini mempunyai kelebihan dari harganya yang lebih murah dan juga mempunyai kualitas suara yang baik seperti pada ampli tabung.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *