Demi meningkatkan kenyamanan menikmati hiburan rumahan murah maka setiap keluarga kini lebih memilih LCD TV ketimbang TV dengan layar jenis lainnya. Televisi dengan layar LCD memungkinkan tampilan yang nampak oleh mata terlihat lebih jernih dan semakin meningkatkan kenyamanan selama menonton. Kini selain LCD sudah ada pula televisi yang mengadopsi layar berteknologi LED yang masih pula ditambah dengan berbagai teknologi terkini untuk menunjang layar tersebut. Bagi yang setia memakai televisi berlayar LCD sudah tentu perlu tahu kiat merawatnya agar awet.

Kiat Tepat Merawat Televisi Layar LCD

Sebagai sumber hiburan di rumah tentu tidak keliru jika memperhatikan perawatan televisi, terlebih dengan teknologi layar LCD. Kesalahan dalam memperlakukan televisi bisa memicu kerusakan maka simak beberapa kiat berikut untuk membuatnya lebih awet:

  • Mengatur jam menonton televisi,

Televisi merupakan elektronik yang dirakit manusia menggunakan berbagai macam komponen membentuk satu kesatuan. Maka sebagai suatu produk yang dirakit manusia otomatis punya daya maksimal untuk dinyalakan. Dianjurkan bagi penikmat acara di televisi untuk mengatur jam menonton agar tidak menyala seharian penuh.

  • Memperhatikan kebersihan TV dan area sekitarnya,

Memiliki LCD TV ternyata menuntut Anda untuk sangat memperhatikan kebersihan televisi tersebut, sebab rentan terhadap debu maupun cairan. Selain kebersihan perangkat televisi sepertinya area di sekitarnya pun wajib sekali untuk bersih. Tumpukan debu bisa merusak kualitas layar dan mesin di dalamnya secara perlahan dari dalam, sehingga bisa tiba-tiba rusak atau malah mati total. Dibandingkan membeli TV baru, tidak ada salahnya rutin membersihkan TV maupun area di sekitarnya agar lebih aman.

  • Gunakan lap dan cairan pembersih khusus,

Ketika membersihkan perangkat televisi baiknya tidak sembarangan memakai lap atau sekedar asal memilih cairan pembersih. Perlu dicatat dan diingat bahwa layar LCD pada televisi kurang atau tidak cocok dibersihkan memakai cairan pembersih kaca yang sehari-hari Anda pakai. Layar ini memerlukan cairan khusus yang bisa dibeli di toko elektronik ataupun toko penjual aksesoris komputer. Tujuannya untuk menjadikan layar bersih dan bebas sisa goresan sekaligus tidak merusak komponen elektronik di dalamnya. Lap yang dipakai pun baiknya bukan sembarang kain melainkan kain khusus untuk LCD.

  • Memperhatikan suhu ruangan,

Sepertinya Anda pun wajib mengetahui bahwa layar LCD di televisi juga rentan dengan suhu dingin maupun panas. Dianjurkan bagi yang memakai AC di dalam ruang menonton TV memperhatikan pengaturan suhunya. Jangan terlalu dingin sebab bisa membuat suhu televisi meningkat, namun jangan pula tidak dinyalakan jika kondisi ruangan tertutup sebab suhu TV bisa mencapai puncak. Kerusakan pun lebih rentan terjadi sehingga perlu memperhatikan suhu ruangan supaya LCD TV selalu siap memberikan hiburan di rumah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *