Menjadikan setiap elektronik di rumah memiliki umur panjang rupanya tidak bisa terlepas dari berbagai tips merawat barang elektronik tersebut dengan baik. Tips ini bisa dijumpai di berbagai media cetak yang secara kebetulan memuat artikel berisi produk elektronik beserta perawatannya. Selain itu bisa pula dicari melalui berbagai situs informasi di internet dan dijamin elektronik jenis apapun akan dibahas disini. Elektronik memang dikenal sebagai perangkat yang mempermanis kegiatan sehari-hari menjadi cepat dan super praktis, sayangnya umurnya terbatas.

Tips Simpel Memperpanjang Umur Elektronik

Elektronik ini akan menjadi semakin berumur pendek tatkala Anda memperlakukannya secara tidak layak sehingga jangan melakukan kesalahan semacam ini. Ada beberapa kiat simpel dan pintar untuk menjadikan setiap elektronik yang dipakai berumur panjang, diantaranya adalah:

  • Pemakaian yang sesuai dengan aturan,

Elektronik ketika diperlakukan dengan baik memang akan membuatnya berumur panjang, seperti halnya manusia. Salah satu usaha simpel yang bisa membuatnya tahan lama adalah dipakai sesuai dengan aturan pakai yang ditentukan pabrik pembuatnya. Idealnya elektronik tidak dipakai berlebihan kemudian paham cara menyalakan dan mematikannya sesuai aturan untuk menghindari kerusakan dalam waktu dekat.

  • Tidak berlebihan ketika digunakan,

Berlebihan dalam memakai barang-barang elektronik juga membuatnya mudah sekali menjadi rongsokan. Misalnya saja untuk televisi, ketika dinyalakan selama 24 jam penuh dalam seminggu otomatis lebih mudah rusak. Bisa jadi akan menunjukan gejala rusak saat itu juga sehingga perlu dihindari, baiknya sebelum elektronik digunakan kenali karakternya dulu. Pahami pula berbagai tips merawat barang elektronik yang Anda baca sebab dijamin ketika diaplikasikan dengan baik bisa membuat elektronik berumur lebih lama.

Baca Juga: Tips Merawat Barang Elektronik dalam Rumah Tangga

  • Memperhatikan kebersihan elektronik tersebut,

Bisa dikatakan bahwa semua elektronik memiliki sensitifitas tinggi terhadap debu, bahkan oleh semprotan zat cair meski berupa cairan pembersih. Beberapa elektronik bahkan di buku petunjuk dijelaskan tidak boleh disemprot dengan cairan apapun. Pembersihannya memang diperlukan namun tidak harus melibatkan air, Anda bisa memakai lap lembab atau mungkin lap saja sudah cukup. Sebab elektronik mempunyai beberapa komponen yang akan rusak saat bersentuhan dengan air. Namun membiarkan kotor pun dampaknya pada umur yang pendek, maka pastikan tahu cara membersihkannya.

  • Menentukan posisi penempatan yang tepat,

Rupanya, menempatkan elektronik dengan benar bisa mempengaruhi umur dari elektronik itu sendiri. Mengapa bisa demikian? Aktualnya ketika elektronik ditempatkan di sudut ruangan yang keliru maka mempercepat proses kerusakan. Sebagai contoh, elektronik rentan terhadap kelembaban dan jika ditaruh menempel pada tembok yang dibaliknya adalah kamar mandi. Otomatis elektronik ini tidak akan bisa bertahan terlalu lama, selain kelembaban beberapa elektronik pun rentan terhadap sinar matahari langsung, suhu dingin, dan lain-lain. Maka simak tips merawat barang elektronik dengan baik untuk menghindari kesalahan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *