Pada dasarnya kompor memang menjadi benda yang wajib ada di dalam dapur, tentunya tak lain digunakan untuk memasak, tanpa keberadaan kompor tentunya akan sulit untuk mematangkan makanan yang dibuat. Semakin kesini jika dilihat jenisnya memang kian banyak, tak hanya terbatas pada produk kompor gas biasa ataupun kompor listrik saja, melainkan juga ada kompor gas portable, mungkin sudah banyak yang sering mendengar namanya. Produk kompor yang memang di desain untuk kegiatan di luar ruangan atau outdoor, misalnya adalah untuk camping atau pendakian.

4 Tips Mudah Memilih Kompor Gas Portable yang Cocok untuk Travelling

Sesuai dengan namanya kompor yang satu ini memang bisa dengan mudah dibawa kemana-mana tanpa repot, apalagi dengan ukuran yang terbilang cukup kecil. Bahan bakar yang digunakan sendiri juga bukan tabung gas dengan ukuran yang besar, melainkan ada sebuah bahan bakar khusus yang bisa dengan mudah dijumpai di minimarket. Paling tidak memungkinkan Anda untuk lebih praktis dalam membawanya kemana-mana, memasak beberapa jenis makanan ringan layaknya mie instan juga kian mudah. 

Nah, bagi yang ingin membelinya khusus kebutuhan travelling atau kegiatan luar ruangan Anda, maka perhatikan beberapa tips ini dalam memilihnya, yaitu:

  1. Pertimbangkan ukuran sesuai dengan tempat pemakaiannya, pemilihan ukuran ini sangat penting memperhitungkan kepraktisan dan juga penggunaannya, misalnya jika kompor gas portable tersebut nantinya akan digunakan untuk kegiatan luar ruangan atau outdoor, maka pilihlah yang ukurannya kecil saja sehingga lebih praktis dibawa kemana-mana, sedangkan jika ditujukan untuk kebutuhan di rumah atau indoor, maka lebih baik pilih yang sedang atau besar.
  2. Pilih yang modelnya ekonomis, khususnya dalam hal pemakaian bahan bakarnya, sama halnya dengan kompor listrik maupun kompor gas biasa yang memiliki karakteristik besar kecil penggunaan bahan bakar, maka kompor yang satu ini pun sama. Lebih aman jika seandainya Anda memilih yang konsumsi bahan bakarnya irit.
  3. Carilah yang dilengkapi dengan adanya perlindungan angin, ini adalah fitur yang sangat cocok untuk digunakan travelling atau kegiatan outdoor, mengingat bagaimanapun Anda tak akan tau kondisi cuaca ketika tengah melakukan perjalanan di luar, sehingga dengan fitur ini akan membuat makanan jadi cepat matang, karena api terjaga.
  4. Pertimbangkan merknya juga, untuk mendapatkan kualitas yang terbaik, maka hal yang tak boleh Anda sepelekan adalah mempertimbangkan merk dari kompor tersebut. Pilah-pilih merk yang memiliki kualitas terbaik atau sudah teruji.

Harga juga harus Anda lihat, mengingat berbeda produk tawaran harga kompor gas portable ini juga berbeda pula. Belilah produk kompor yang agaknya sesuai dengan budget yang Anda miliki. Sangat wajib dimiliki apalagi bagi Anda yang memiliki hobby dengan perjalanan outdoor layaknya pendakian.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *