Elektronik bernama blender dijamin hafal dipakai oleh semua orang, baik ibu rumah tangga maupun kepala keluarga di sebuah rumah. Pasalnya elektronik satu ini identik dipakai untuk membuat jus buah maupun smoties, baik untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual. Menariknya, elektronik yang bentuknya seperti gelas berukuran jumbo ini tidak hanya untuk pembuatan buah menjadi minuman saja. Anda bisa memakainya untuk keperluan lain misalnya menghaluskan bumbu baik basah maupun kering serta untuk membantu menghasilkan santan.

Tips Agar Tidak Gagap Merawat Elektronik Jenis Ini

Banyak ide terlintas untuk memanfaatkan elektronik ini secara maksimal, namun baiknya cermat dalam memakai dan merawatnya. Supaya tetap awet sekaligus tidak berbau karena kerap kali punya bau tak sedap lantaran salah perawatan. Simak beberapa tips ini supaya tidak gagap merawatnya:

  • Memilih tabung dari bahan kaca,

Elektronik satu ini memiliki tabung yang terbuat dari kaca ataupun plastik, bahan plastik membuatnya ringan dan mudah digunakan. Namun untuk pemakaian jangka lama pilih bahan kaca karena bebas baret dan cenderung tidak mudah berbau karena tidak menyerap aroma bahan yang dihaluskan di dalamnya.

  • Pilih tabung grinder untuk bumbu kering,

Ketika Anda berencana menghaluskan bahan namun teksturnya tetap kasar dan dibiarkan kering, misal membuat bubuk merica, kunyit, dan sebagainya. Maka jangan memakai tabung blender yang besar melainkan memakai tabung grinder. Biasanya sepaket saat pembelian dan berukuran lebih kecil namun memiliki mata pisau lebih tajam. Sehingga efektif menghaluskan bumbu kering tanpa tambahan air ataupun minyak, nantinya akan lebih awet karena pemakaian yang sesuai.

  • Gunakan dalam durasi yang tepat,

Pemakaian elektronik satu ini untuk proses apapun, usahakan membatasi durasi pemakaiannya sebab tidak baik dinyalakan terlalu lama. Umumnya dianjurkan dipakai dalam durasi 10-30 menit, dan biasanya pula bergantung dengan merek elektronik tersebut. Supaya lebih yakin baca buku manual penggunaan yang disertakan dalam paket pembelian supaya tidak terlalu lama memakainya. Sebab bisa membuat mesinnya panas dan mudah soak, kalau ingin cepat selesai maka potong-potong dulu bahan yang akan dihaluskan. Selain itu mata pisaunya juga lebih awet dan tidak mudah tumpul.

  • Segera cuci setiap kali habis digunakan,

Supaya tidak berbau tak sedap dan juga awet maka elektronik ini wajib sekali langsung dicuci begitu selesai digunakan. Cara mencucinya pun harus tepat karena kerap kali asal dicuci membuat sisa bahan yang dihaluskan masih menempel di dasar tabung. Cukup isi air sekitar satu gelas kecil, kemudian dinyalakan sebagaimana saat digunakan menghaluskan bahan tertentu. Cara ini efektif menguras seluruh sisa bahan makanan yang tertinggal, dijamin tabung blender tetap kinclong dan bebas bau tak sedap.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *