Televisi menjadi salah satu perangkat elektronik yang kebutuhannya tak bisa dipisahkan dari masyarakat, baik itu untuk anak-anak maupun orang dewasa. Ia bisa menyajikan berbagai macam jenis tayangan yang sifatnya menghibur, mengedukasi dan memberikan informasi. Dalam perkembangannya produk TV yang muncul ke pasaran memang jadi kian beragam, tak hanya seri tabung saja, melainkan juga ada generasi terbarunya yaitu LCD TV. Produk yang satu ini sudah menjadi pilihan utama bagi masyarakat karena berbagai nilai lebihnya.

Televisi sendiri pada dasarnya merupakan rangkaian jaringan yang bisa digunakan untuk menangkap sinyal hiburan dari berbagai sumber. Salah satu yang membuat banyak masyarakat memilihnya sebagai program hiburan dibandingkan dengan perangkat elektronik yang lain karena harganya yang murah. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakannya juga hemat, karena cukup dengan membayar tagihan listrik saja, beberapa diantaranya yang ingin channel lebih beragam, maka bisa memilih jenis TV kabel, biaya yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau.

LCD TV atau yang dikenal sebagai salah satu produk generasi terbaru ini memiliki banyak sekali nilai lebih dibandingkan dengan produk TV pada umumnya, diantaranya adalah

  1. Konsumsi daya listrik jauh lebih hemat, TV tabung memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan televisi LCD. Sehingga dalam pemakaiannya juga cepat panas, konsumsi listriknya tinggi, berbeda dengan produk TV LCD ini, jika dibandingkan. Untuk jangka waktu pemakaian yang sama, maka LCD bisa menghemat konsumsi listrik hingga angka 20%, sangat tinggi bukan.
  2. Ukurannya lebih tipis, ringan untuk dipindahkan kemana-mana, Anda yang tak memiliki terlalu banyak ruangan untuk menempatkan TV tersebut, maka bukan masalah, karena ia bisa di gantungkan di dinding, tanpa memakan banyak space. Produk TV yang satu ini juga memungkinkan tampilan ruangan jadi jauh lebih elegan.
  3. Tingkat radiasi yang dikeluarkan rendah, seringkali para orang tua khawatir ketika buah hati mereka terlalu sering menonton TV, karena bisa menganggu kesehatan matanya, namun jangan khawatir, pemakaian televisi LCD ini jauh lebih aman, karena ia mengeluarkan radiasi yang sangat rendah, sehingga tetap sehat untuk mata.
  4. Layar LCD ini tidak memantulkan cahaya sama sekali, dalam pakaian di siang hari sering kali Anda harus menutup jendela atau bahkan pintu agar bisa mendapatkan gambar yang jelas, karena cahaya yang masuk akan memantul, namun tidak jika menggunakan TV LCD tersebut. Ia tetap terlihat jelas dilihat meskipun pada siang hari.
  5. Gambar yang dihasilkan lebih bagus, karena tidak ada kedipan.

Namun selain kelebihan sudah pasti ada beberapa kekurangan dari produk TV ini, salah satunya adalah harga LCD TV yang cukup mahal di pasaran.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *