Home Gadget 5 Cara Membersihkan Kulkas dari Bau, Jamur, dan Karat

5 Cara Membersihkan Kulkas dari Bau, Jamur, dan Karat

by Caswitin
cara membersihkan kulkas

Barang elektronik harus dirawat secara berkala agar kualitasnya tetap terjaga. Termasuk juga kulkas. Untuk menjaga ketahanan dan kualitas bahan makanan yang ada di dalamnya, anda harus rutin membersihkan kulkas. Berikut ini adalah cara membersihkan kulkas yang dapat anda coba di rumah:

1. Cara membersihkan kulkas yang bau

Hal ini sangat biasa terjadi. Biasanya orang-orang akan membersihkannya menggunakan kain lap basah kemudian dikeringkan. Akan tetapi, jika kulkas anda masih bau, anda dapat mencoba tips cara membersihkan kulkas berikut ini:
a. Sediakan beberapa tetes cairan vanilla kemudian campurkan dengan air. Kemudian siapkan beberapa lembar tissue kering.
b. Masukkan tissue ke dalam mangkok yang berisi cairan vanilla. Rendam sampai seluruh permukaan tissue basah.
c. Lap bagian dinding kulkas dengan tissue tersebut.

cara membersihkan kulkas

cara membersihkan kulkas

2. Cara membersihkan karet kulkas

Untuk membersihkan noda pada karet kulkas secara instan, tidak jarang beberapa orang menggunakan bahan kimia. Padahal, ada beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan sehingga tidak akan merusak bagian-bagian kulkas. Contohnya adalah baking soda dan cuka. Campurkan sedikit baking soda dengan air sampai berbentuk pasta. Usapkan pada bagian yang ingin dibersihkan. Kemudian lap dengan kain atau tissue kering. Sementara itu cuka putih dapat anda gunakan untuk membersihkan bagian kulkas yang berbahan dasar stainless steel.

3. Membersihkan kulkas yang berjamur

Jamur dapat tumbuh pada lapisan karet kulkas. Untuk itu penting menjaga kebersihan kulkas dengan rutin membersihkannya. Anda dapat membersihkannya menggunakan pasta gigi. Berikut adalah cara membersihkan kulkas:
a. Oleskan pasta gigi pada bagian yang ditumbuhi jamur
b. Diamkan sebentar agar pasta gigi bekerja mengangkat jamur selama 5 menit
c. Lap pasta gigi menggunakan kain atau handuk basah sampai bersih
d. Apabila sudah bersih, lap kembali dengan kain yang kering.

cara membersihkan kulkas

cara membersihkan kulkas

4. Cara membersihkan pintu kulkas yang berkarat

Selain jamur, masalah lain yang sering timbul adalah karatan. Biasanya hal ini terjadi karena pintu kulkas jarang dibersihkan atau sering terkena air. Anda dapat menggunakan cuka untuk membersihkannya. Berikut cara membersihkan kulkas yang berkarat:
a. Tuang sedikit cuka ke dalam wadah bersih
b. Oleskan pada bagian yang berkarat menggunakan kuas
c. Diamkan selama 10 hingga 15 menit agar cuka bekerja
d. Kemudian lap menggunakan kain basah dan lanjutkan dengan kain yang kering

Baca Juga:  Inilah yang Menjadi Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Air Purifier di Rumah

5. Kuras isi kulkas hingga bersih secara rutin

Cara membersihkan kulkas yang satu ini sedikit merepotkan. Akan tetapi bagi anda yang terbiasa melakukan food preparation, hal ini tentu saja menyenangkan. Saat stok bahan makanan di kulkas sudah mulai habis, keluarkan yang tersisa kemudian bersihkan bagian dalam kulkas anda dengan lap kering. Pastikan tidak ada bahan makanan yang busuk untuk menghindari bau tak sedap. Berikut penjelasan lengkap cara membersihkan kulkas dengan mengosongkan isinya:
a. Kosongkan kulkas dari seluruh makanan dan minuman yang tersisa
b. Sortir bahan makanan anda. Jangan sampai ada yang busuk guna menghindari bau tidak sedap.
c. Lap bagian dalam kulkas sampai bersih menggunakan lap basah dan lap kering
d. Jangan lupa untuk mengelap pintu kulkas
e. Bersihkan freezer dari bunga es dengan cara mencabut colokan kulkas
f. Lapisi gagang pintu kulkas dengan handuk kering
g. Buang air yang ada pada bagian belakang kulkas
h. Susun stok makanan anda dengan rapi. Sebisa mungkin menutup rapat makanan atau minuman yang memiliki bau menyengat agar makanan lain tidak terkontaminasi.

Nah, itulah tadi beberapa cara membersihkan kulkas. Selain membuat umur kulkas lebih awet, rutin membersihkan kulkas juga dapat memperlancar sirkulasi udara dingin. Sehingga makanan yang anda simpan dapat lebih terjaga kualitasnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More