Nyatanya bukan hanya ponsel, produk teknologi yang mencuri hari masyarakat, namun juga ada kamera yang belakangan ini memang cukup laris manis di tengah-tengah masyarakat. Kenyataannya meskipun ada banyak smartphone yang dilengkapi dengan fitur kamera. Maka tak bisa dipungkiri juga bahwa untuk mendapatkan hasil jepretan berkualitas, maka lebih banyak masyarakat yang senang menggunakan kamera. Berbagai vendor ternama juga bersaing menciptakan produk-produk terbaik mereka, salah satu pemain lama yang sudah sangat dikenal di Indonesia adalah kamera Canon.

Canon merupakan merk kamera yang sudah sangat lama hadir di pasaran Indonesia, ia masuk salah satu merk kamera terlaris dengan kualitas yang bagus. Produk yang ditawarkan sendiri bervariasi, salah satu yang paling banyak adalah kamera DSLR, tentunya Anda sudah tak begitu asing lagi dengan jenis kamera digital yang satu ini bukan, dikenal memiliki banyak sekali fitur unggulan yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan berbagai macam keunggulannya. Menjepret gambar secara berkualitas, baik itu di dalam maupun luar ruangan.

Kamera Canon ini tak hanya unggul dari segi bodynya yang cantik saja, melainkan juga beberapa fitur di dalamnya, termasuk diantaranya adalah lensa jernih dilengkapi resolusi tinggi. Pada dasarnya lensa sendiri memang menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah kamera. Sehingga harus benar-benar diperhatikan pemeliharaannya. Berikut ini sedikit tips dalam merawat lensa kamera sehingga tak mudah rusak, diantaranya adalah:

Baca Juga: Kamera DSLR Murah Meriah untuk Pemula

  1. Jangan digunakan untuk pengambilan gambar di dalam air, kecuali memang lensa yang Anda miliki tersebut waterproof. Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu kelemahan dari lensa kamera adalah air. Air yang masuk berpotensi untuk menyebabkan kerusakan, sehingga jauhkan penggunaan dari tempat berair. Untuk seri yang waterproof aka setelah digunakan pastikan untuk langsung membersihkannya, lap hingga kering untuk mencegah timbulnya jamur.
  2. Ketika tidak digunakan alangkah baiknya untuk memisahkan kamera tersebut dari bodynya, ketika akan digunakan kembali, barulah nantinya Anda bisa memasang lensa kamera tersebut. Hal ini berguna untuk menghindari kerusakan.
  3. Bersihkan secara teratur, agar hasil pengambilan gambar berkualitas, juga jernih, maka pastikan bagi Anda untuk membersihkan kaca lensa tersebut secara teratur.
  4. Simpan pada wadah yang tepat, jangan disimpan sembarangan karena potensi kerusakannya akan semakin tinggi, cara tepat untuk menyimpannya adalah dimasukkan dalam tas kamera, tas yang memiliki bantalan tebal, sehingga menghindari adanya benturan yang berpotensi menyebabkan kerusakan.
  5. Selalu menutup lensa kamera dengan menggunakan penutupnya. Penutup ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menghindari kaca kamera mengalami kerusakan, juga mencegahnya tertutup debu.

Setidaknya itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar lensa kamera Canon maupun merk yang lainnya tetap awet.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *