Air adalah salah satu kebutuhan primer untuk kehidupan manusia. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah alat bernama pompa air supaya Anda dapat mendapatkan air tersebut. Saat ini ada banyak sekali jenis dan merek pompa penghasil air yang telah dijual luas dipasaran, Anda harus cerdas dan jeli saat memilihnya supaya bisa mendapatkan mesin pompa yang berkualitas baik, awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sebelum membelinya diperlukan pengetahuan berupa daya hisap air, seberapa besar daya listrik yang dibutuhkan dan komponen apa saja yang terdapat pada pompa penghasil air tersebut.

5 Tips Cerdas Memilih Pompa Air yang Bagus dan Bermutu Tinggi  

Biasanya ada banyak sekali orang yang memilih pompa penghasil air dengan harga murah, namun kualitasnya tidak bagus, dan ada juga orang yang membeli dengan harga yang terbilang mahal, akan tetapi juga tidak bisa mendapatkan pompa penghasil air sesuai yang mereka inginkan. Ada beberapa jenis pompa penghasil air yang paling banyak dijual dan digunakan oleh banyak orang, antara lain

  • Semi jet pump. Ini adalah jenis pompa penghasil air yang khusus untuk memompa air dalam dengan daya hisap maksimal 12 meter.
  • Shallow pump. Pompa penghasil air yang satu ini dikhususkan untuk memompa air pada area yang dangkal dan daya hisapnya sekitar 7 – 9 meter.
  • Jet pump. Ini merupakan type pompa penghasil air untuk area yang paling dalam, daya hisapnya mampu menembus 15- 50 meter.

Setelah mengetahui jenis-jenis pompa air yang paling populer dan paling banyak digunakan, berikut ini akan kita bahas 5 tips cerdas memilih mesin pompa yang berkualitas, yaitu:

Mengukur kedalaman air dari permukaan tanah.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat memilih jenis pompa penghasil air yang tepat adalah dengan mengukur kedalaman air dari permukaan tanah terlebih dahulu.

Menghitung berapa tinggi permukaan air.

Ini adalah ukuran antara jarak mesin pompa dengan permukaan air yang paling tinggi, yang biasanya diatur dalam jarak sekitar 50cm – 100cm tergantung kondisi lingkungan tersebut.

Baca Juga : Pertimbangan Sebelum Membeli Pompa Air agar Tidak Salah Pilih

Mengetahui voltage rumah.

Tidak semua pompa penghasil air memiliki daya listrik yang rendah, oleh karena itu Anda harus menyesuaikannya dengan daya listrik dirumah Anda.

Mengetahui spesifikasi daya hisap dan daya dorong pompa.

Periksa terlebih dahulu seberapa besar daya hisap dan daya dorong mesin pompa pada merek yang akan Anda beli supaya dapat sesuai dengan kebutuhan penggunaan air Anda.

Memilih produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif.

Karena banyaknya jenis merek pompa penghasil air yang dijual luas dipasaran, pilihlah merek pompa penghasil air yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga standar sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Itulah beberapa jenis dan tips cerdas memilih jenis pompa air yang berkualitas baik supaya dapat Anda gunakan untuk menghasilkan air sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menggunakan air saat dirumah.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *