Tak sedikit tentunya diantara masyarakat yang masih menggunakan kompor gas sebagai sarana untuk memasak di rumah. Meskipun belakangan ini keberadaan dari kompor listrik juga sudah sangat dikenal oleh masyarakat, namun dengan beberapa alasan hanya kalangan tertentu saja yang menggunakannya, karena dari segi harga sendiri juga masih sangat mahal. Sebenarnya kompor ini sendiri bekerja dengan aliran gas yang didapatkan dari tabung-tabung yang dipasangkan sebagai sumber energi.

Penggunaannya sangat mudah dan juga praktis, Anda bisa menghidangkan beragam jenis sajian makanan secara cepat dibandingkan dengan beberapa produk kompor tradisional yang menggunakan minyak tanah atau bahkan tungku. Keberadaannya di pasaran sendiri juga bukan hal yang sulit untuk ditemukan, Anda bisa mencarinya di toko yang menjual beragam alat kebutuhan rumah tangga, serinya sangat banyak mulai dari yang hanya bisa digunakan untuk satu tungku atau bahkan 4 juga ada.

Umumnya wanita lah yang lebih tau mengenai kebutuhan akan kompor ini sebagai sarana yang digunakan untuk memasak di rumah. Khususnya bagi Anda yang memang berencana mengganti kompor gas yang sudah rusak di rumah, dengan yang baru, maka berikut ini pertimbangan sebelum memilihnya agar dapatkan barang yang berkualitas dengan harga murah, diantaranya adalah:

  1. Tentukan terlebih dahulu berapa tungku atau sumber api yang Anda butuhkan, seperti yang diketahui keberadaan sumber api ini sangat mempengaruhi efisiensi dalam memasak. Beberapa diantara ibu rumah tangga yang sudah cekatan lebih senang menggunakan yang lebih banyak, karena mereka bisa menyajikan beragam jenis hidangan secara lebih cepat bersamaan, namun juga ada yang lebih senang satu saja dan digunakan bergantian. Tawarannya mulai dari 1 hingga 4, sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan.
  2. Perhitungkan ukuran dapur Anda dengan ukuran kompor tersebut, menempatkan kompor tentunya di ruangan memasak atau dapur, sehingga untuk masalah ukuran Anda tak bisa meninggalkan pertimbangan yang satu ini, umumnya ukuran yang besar akan mempersempit dapur yang kecil, bukan masalah jika Anda menghendaki ukuran kecil asalkan tetap kokoh jika digunakan untuk menampung beban berat dalam memasak.
  3. Sesuaikan jarang antara satu tungku dengan tungku yang lainnya, bagi yang menghendaki kompor dengan beberapa tungku di atasnya, maka sesuaikan juga dengan ukuran alat memasak yang ada di rumah Anda, apakah alat tersebut bisa muat dengan baik atau mungkin hanya akan menyebabkan singgungan antara keduanya.
  4. Pilih fitur yang otomatis, ada beberapa kompor yang memang ditawarkan dengan harga murah, namun penggunaannya juga butuh perjuangan, artinya terkadang sudah di nyalakan berkali-kali padahal gas masih dalam kondisi yang full namun tak kunjung menyala. Lebih baik pilih yang dilengkapi dengan fitur auto ignition.
  5. Harga, Anda sebagai konsumen pastinya tak akan bisa jauh-jauh dari aspek yang satu ini, menentukan harga tentu harus sesuai dengan budget, semua akan kembali lagi pada berapa uang yang dimiliki sebelum menyesuaikan dengan fitur atau jenis yang diinginkan.
  6. Merk, tak kurang dari 5 merk kompor yang hadir di pasaran, semuanya memiliki kualitas yang berbeda-beda. Merk terkenal biasanya dilengkapi dengan bahan yang berkualitas sehingga tak mudah rusak dan kokoh untuk menampung hidangan yang Anda masak.

Kompor gas ditawarkan dengan kisaran harga mulai 200an ribu rupiah, untuk beberapa merk terkenal memang lebih mahal, namun setidaknya sesuai dengan kualitas yang diberikan, jangan salah pilih.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *