Fungsi kulkas sebagai tempat menyimpan segala kebutuhan bahan makanan Anda sudah menjadi benda terpenting di setiap rumah. Penggunaan kulkas setiap waktu, pun juga anda harus perhatikan. Karena pemakaian kulkas setiap waktu itu, akan mengakibatkan kulkas Anda akan kotor dan bau. Merawat kulkas, sama pentingnya dengan menjaga kesehatan Anda. Karena makanan yang anda akan makan, ada di dalam kulkas tersebut. Ada 7 hal yang harus diperhatikan dalam merawat kulkas. Semoga bisa anda jadi rujukan, sekedar bahan informasi.

Berikut 7 hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat kulkas kesayangan Anda:

  • Selalu menjaga kebersihan body kulkas

Menjaga kebersihan bagian luar kulkas, sangatlah penting. Karena dengan anda sering membersihkannya dengan lap basah, akan menjaga penampilan juga debu kotoran yang menempel terlalu lama di bagian luarnya.

  • Jangan memasukan benda tajam ke dalam kulkas

Memasukan benda tajam yang bukan semestinya akan membuat kinerja kulkas Anda tidak berkinerja dengan baik.

  • Bersihkan Secara Terjadwal.

Dengan mencabut saklar listrik, lalu isi kulkas Anda, harus dikeluarkan terlebih dulu. Itu akan membuat kulkas anda selalu terlihat bersih.

  • Mematikan kulkas secara berkala

Kebanyakan model kulkas modern memiliki mode self-pencairan, yang memungkinkan alat untuk secara otomatis mencair es apapun. Jika Anda memiliki defrost kulkas manual, namun Anda harus mematikan kulkas secara berkala untuk memungkinkan freezer untuk defrost secara alami. Secara umum, es tebal dari setengah inci harus dihapus secara manual daripada mencair.

Baca juga: Tips Merawat Barang Elektronik Seperti Kulkas Agar Tahan Lama

  • Membersihkan kumparan

kulkas Anda mempekerjakan satu set kumparan bawah dan di belakang alat. kumparan ini bertanggung jawab untuk suhu pendingin internal. Seiring waktu, kumparan membangun  debu dan puing-puing. Hal ini penting untuk menjaga kumparan ini bersih untuk menghindari overheating dan mempertahankan umur panjang. Dengan alat dicabut, vakum kumparan sekitar tiga kali setahun untuk menjaga mereka dari puing-puing. Jangan nyalakan vakum  dengan alat terpasang, namun. Anda secara tidak sengaja dapat menyebabkan sengatan listrik.

  • Segel pintu

Salah satu item yang paling dikenakan pada kulkas adalah segel pintu. Setiap kali Anda membuka atau menutup pintu, segel harus melepaskan cengkeraman terhadap bingkai logam. Seiring waktu, segel perlahan kehilangan elastisitasnya. Untuk memperpanjang hidupnya, gosok dengan petroleum jelly untuk menjaga karet dilumasi. Jika segel jelas retak atau tidak mengikuti kulkas, sekarang saatnya untuk menggantinya.

  • Letakkan lemari es minimal 15-20 cm dari dinding.

Ini adalah posisi normal, agar kulkas anda tidak terlalu berdekatan dengan tembok. Karena bisa merusak body bagian belakang kulkas.

Tips merawat kulkas di atas semoga bisa dijadikan bahan referensial bagi Anda. Selamat mencoba. Agar kulkas kesayangan anda awet dan tahan lama.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *