Home Gadget Acer Swift 3: Laptop Murah Asli, Nggak Murahan!

Acer Swift 3: Laptop Murah Asli, Nggak Murahan!

by Erin Nuzulia

Sebagai pemain lama bersama ASUS, ACER kembali menasbihkan diri sebagai pemain utama dalam seri laptop entry-level yang memiliki fitur berlimpah dan performa mumpuni. Melalui ACER Swift 3 dengan porsesor AMD Athlon 300U, laptop murah ini cukup tangguh bahkan untuk mengeksekusi game sekelas Dota 2. Dengan harga Acer Swift 3 kurang dari 6 juta rupiah, bagaimanakah kualitasnya? Simak review berikut untuk hasil yang lebih jelas!

  1. Spesifikasi

  • CPU AMD Athlon 300U dual-core (2,4 GHz up to 3,3 GHz)
  • VGA AMD Radeon Vega 3 Graphics 2GB DDR4
  • RAM 8GB-DDR4 2666 dual channel (onboard+4GB)
  • Hard disk 256GB NVMe SSD PCI-E 3.0 x2
  • 14 inchi (16:9) IPS LCD Panel with FHD 1920 x 1080 p, 20Hz Anti-Glare
  • Li-Ion 4-cells 3220 mAh
  1. Dimensi dan Desain

Jauh dari kesan murahan, ACER menggunakan bodi aluminium spray dengan motif kasar yang membuatnya terkesan kokoh dan solid. Dengan dimensi yang cukup tipis, yakni panjang 32,3 cm, lebar 22,8 cm, dan ketebalan cuma 1,79 cm, menghasilkan berat hanya 1,4 kg membuat laptop ini begitu nyaman dibawa untuk menopang aktivitas dengan mobilitas tinggi.

  1. Layar

Meskipun kategori entry level, ACER cukup percaya diri menghadirkan layar dengan teknologi IPS yang pastinya lebih menarik dibanding kebanyakan laptop yang menggunakan teknologi TN. Panel layar ini dibuat oleh Innolux yang mampu menghasilkan tingkat kecerahan hingga 250 candela/m2. Ukuran layar 14 incinya semakin nyaman dengan resolusi FHD  (1920 x 1080p) dengan refresh rate sebesar 60Hz.

  1. Keyboard

Satu lagi kelebihan laptop ini yang jarang ditemui di laptop entry-level, yakni adanya fitur backlight pada keyboard yang sangat membantu proses pengetikan di ruang minim cahaya. Terdapat tombol power di pojok kanan keyboard mirip dengan desain macbook atau laptop-laptop kekinian lainnya.

  1. Touchpad

Dengan ukuran touchpad yang cukup besar dan sudah support multi-gesture sampai dengan 4 jari, penggunaannya bisa lebih nyaman dan efektif.

Baca Juga:  5 Rekomendasi dan Harga Mesin Cuci Terbaik Tahun 2020

  1. Fingerprint

Satu lagi yang mencolok dari ACER Swift 3 adalah hadirnya teknologi fingerprint di sebelah kanan touchpad. Fitur ini sangat jarang ditemui pada laptop entry-level, dan cukup berguna untuk login ke windows dengan lebih cepat dibanding menggunakan keamanan PIN. Meskipun berukuran kecil, sensor sidik jari ini mampu bekerja cukup cepat dalam penggunaan normalnya.

  1. Baterai

Dengan kapasitas baterai 3220 mAh berjenis 4-cells dengan 48 watt, baterai ini mampu bertahan hingga 5 jam untuk pemakaian office secara normal. Di kelas ini, baterai yang digunakan ACER pada seri Swift 3 tergolong normal dan dapat diandalkan.

  1. I/O Ports

ACER Swift 3 memiliki I/O port yang cukup lengkap, dengan adanya  port adaptor DC-in, HDMI, 2 port USB 3.1 Gen 1 Type-A dengan salah satunya support power-off charging, 1 port USB 3.1 Gen 1 Type-C, serta jack audio pada sisi kiri. Untuk sisi kanan laptop terdapat SD card reader, USB 2.0, serta Kensington lock.

  1. Storage

Meski murah, ACER Swift 3 sudah menggunakan teknologi SSD sebesar 256GB sebagai penyimpanan utamanya. Hadirnya SSD tentu sangat membantu efisiensi pembacaan dan penulisan data serta mengurangi suara bising pada laptop.

  1. Upgradability

ACER Swift 3 sudah mempunyai memori RAM 4GB DDR4 on board dan satu keeping memory 4GB yang dapat diupgrade higga 16GB. Dengan dual channel ini, RAM pada ACER Swift 3 bisa di-upgrade hingga 20GB.

  1. Performa

Untuk keperluan office dan browsing, ACER Swift 3 sangat dapat diandalkan berkat dapur pacu dan sistem memori yang cepat dan besar. Sebagai tambahan, ACER Swift 3 juga dapat menjalankan game CS:GO, Dota 2, Tekken 7, atau PUBG dengan 30fps dan grafik rendah secara lancer. Meskipun tidak istimewa, mengingat harganya yang bersahabat tentu performa setingkat ini masih bisa diapresiasi.

  1. Harga

Dengan kualitas bodi yang kokoh, spesifikasi mumpuni, serta fitur yang lengkap, Laptop ACER Swift 3 sudah bisa diboyong dengan harga mulai dari Rp 5.500.000 saja!

Baca Juga:  5 Rekomendasi Merk Televisi LED Terbaik, Apa Saja?

 

Tertarik untuk membelinya? Cek review detail dan harga terbaru ACER Swift 3 di: https://www.bukalapak.com/trend/laptop-acer-swift-3

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More