Home theater merupakan alat elektronik yang memiliki pengolah audio dan penampil video dengan tujuan untuk memberikan nuansa hiburan seperti di bioskop. Dalam 1 paket home theater terdapat video display, A/V receiver, A/V resources, loudspeakers, subwoofer. Banyak jenis home theater terbaru yang dapat Anda pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan. Namun, diantaranya tetap menggunakan 5.1, 6.1, 7.1 channel surround sound.

Pertama adalah 5.1 channel surround sound yang menggunakan format sound atau decoding audio dengan fitur audio 5 in 1 channel. Perangkat tersebut terdiri dari 4 perangkat audio R dan L dengan 1 speaker center dan subwoofer. Masing0masing dari audio yang digunakan untuk home theater tersebut memiliki audio atau kemampuan output yang berbeda. Kualitas dari audio yang dikeluarkan lewat jenis home theater ini seperti saat Anda sedang menonton film di bioskop karena bioskop juga mempergunakan jenis sistem audio 5.1 channel tersebut.

Kedua adalah 6.1 channel surround sound. Home theater terbaru yang menggunakan sistem ini memiliki konfigurasi yang sama dengan jenis 5.1 channel namun perbedaannya adalah jenis sistem tersebut menggunakan tambahan 1 channel sebagai speaker surround tengah belakang. Format audio atau decoding yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan 5.1 channel namun ada beberapa yang menggunakan decoding yang sama dan ada yang menggunakan decoding yang berbeda.

Baca Juga: Design Home Theatre Terbaru di Dunia

Sedangkan 7.1 channel surround sound memiliki tambahan 2 channel dibandingkan dengan jenis 5.1 channel. Untuk jenis home theater ini, semua channelnya merupakan channel discrete atau channel yang berbeda 1 dengan yang lain dan berdiri sendiri. Jika 6.1 channel memiliki tambahan channel tambahan di bagian belakang maka 7.1 menggunakan 2 channel surround di samping kanan dan kiri. Dalam konfigurasi atau decoding untuk jenis 7.1 channel surround sound, terdapat 2 jenis formal yaitu non lossless surround sound serta lossless surround sound. Non lossless surround sound menggunakan formal yang lebih rendah dibandingkan dengan lossless surround sound. Jenis format ini lebih tinggi kualitasnya jika dibandingkan dengan konfigurasi untuk 5.1 dan 6.1 channel. Kedua adalah lossless surround sound yang mempunyai kemampuan untuk menghasilkan output suara yang lebih tinggi dibandingkan dengan non lossless surround sound.

Baik jenis 5.1, 6.1, 7.1 ataupun 9.1 channel surround sound, home theater terbaru dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda serta budget yang Anda miliki. Jenis surround sound ini termasuk home theater in a box atau HTIB yang sudah 1 paket dengan fitur dan jenis ini banyak dijual di toko peralatan dan perlengkapan elektronik. Dengan mengetahui jenis format surround sound Home theater tersebut, semoga dapat membantu Anda memilih jenis HTIB yang tepat untuk Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *