Salah satu keuntungan hidup di era modern seperti sekarang ini adalah semua kegiatan bisa dilakukan tanpa mengandalkan tenaga manusia. Memasak saja misalnya, jika dulu membutuhkan waktu hingga berjam-jam maka sekarang dengan bantuan semua barang elektronik menjadi kian cepat juga mudah. Bukan hal yang mengherankan juga jika sekarang ini jumlah kebutuhan hidup jauh lebih besar dibandingkan dengan dulu, karena memang jenisnya kian beragam, tak hanya satu melainkan konsumsinya juga digunakan untuk beberapa produk elektronik tersebut.

Pekerjaan yang dulunya dilakukan menggunakan tenaga secara langsung bisa dipindahkan dengan teknologi elektronik atas bantuan listrik. Mulai dari memasak, mencuci pakaian hingga sebagian diantaranya adalah sarana hiburan. Sayangnya berbeda dengan produk yang lainnya perangkat ini memiliki masa untuk hidup. Terkadang bahkan kesalahan pembelian membuat Anda rugi sendiri karena memang produknya rentan kerusakan.

Kerusakan pada barang elektronik merupakan sesuatu yang wajar bahkan sering kali terjadi, salah satu penyebabnya adalah barang buatan pabrik kurang berkualitas hingga kesalahan pengguna sendiri. Pemakaian atau bahkan penyimpanan yang salah menyebabkan alat elektronik Anda mengalami kerusakan. Harga terkadang juga sangat menentukan kualitas, bukan hal yang mustahil jika seandainya beberapa orang lebih memilih membeli barang dengan harga mahal spesifikasi tinggi agar lebih awet.

Namun untuk Anda yang tak memiliki budget besar bukan masalah jika seandainya ingin membeli elektronik berharga murah, dengan perawatan yang tepat akan tahan lama, berikut ini setidaknya tips merawat secara tepat yang bisa Anda lakukan, yaitu: 

Baca Juga:Tips Merawat Barang Elektronik Seperti Kulkas Agar Tahan Lama

  • Agar perangkat elektronik Anda terhindar dari debu dan kotoran dari luar sebaiknya berilah pembungkus khusus dari plastik atau bahan karet. Contohnya saja ponsel ia memiliki beragam jenis pembungkus tak hanya untuk tampilan lebih cantik melainkan fungsi utama sebagai penahan debu.
  • Untuk membersihkan bagian kaca sebaiknya lebih selektif dalam memilih lap, pilihlah yang terbuat dari bahan halus juga bersih. hal ini berlaku pada produk elektronik seperti ponsel, laptop dan juga televisi yang bagian terpenting nya terletak di monitor.
  • Jangan dipaksa penggunaan. Setiap perangkat elektronik memiliki waktu untuk keluarkan radiasi dalam jumlah besar. Hal ini bisa dikenali dari suhu yang kian meningkat atau tinggi. Saat hal ini terjadi sebaiknya berilah ia waktu untuk beristirahat, matikan sementara.
  • Simpan di tempat yang sejuk, sebaiknya hindarkan dari sinar matahari secara langsung, satu lagi yang penting untuk Anda ketahui sebaiknya hindari penyimpanan sesama perangkat elektronik dalam satu tempat.
  • Saat terjadi kerusakan dan Anda tak mengerti bagaimana cara perbaikannya jangan ambil resiko, sebaiknya bawalah ke tempat service resminya.
  • Jangan pernah memindahkannya dalam kondisi masih menyala, contohnya saja televisi dan juga komputer, matikan terlebih dahulu stop kontak.
  • Penting untuk selalu membersihkan debu yang menempel pada alat elektronik tersebut. Meskipun kecil namun jika dibiarkan terus menerus lama-lama ia akan sangat mengganggu kinerja dari elektronik Anda.
  • Hindari terkena air, untuk itu simpan di tempat yang jauh dari jendela, apalagi saat hujan tiba.

Dengan semua tips tersebut maka besar kemungkinan barang elektronik Anda akan memiliki masa hidup jauh lebih lama. Sebagian diantara Anda yang sering kali mengeluarkan uang ekstra hanya untuk perbaikan padahal sudah melakukan perawatan dengan maksimal, maka patut dicurigai bahwa kualitas elektronik yang dibeli memang kurang bagus, sebaiknya jual dan ganti dengan yang baru.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *