Ada banyak jenis-jenis AC yang ada di pasaran yang bisa anda pilih untuk kebutuhan ruangan anda. Mulai dari AC Standart, Ac Low Watt, hingga AC inverter. Kebanyakan orang masih belum mengetahui perbedaan dari ketiga jenis CA tersebut sehingga kebingungan saat memilihnya. Nah kali ini akan dibahas mengenai perbedaan AC Standard, low-watt dan inverter beserta harga AC yang bisa anda ketahui.

Beda Harga AC Standard, AC Low Watt, Dan AC Inverter

AC Low Watt

Jenis AC low watt memiliki cara kerja yang mirip dengan cara kerja pada AC Standart. Hanya saja perbedaannya terletak pada kompresor yang digunakannya membutuhkan daya listrik yang lebih rendah. Harga AC jenis ini memang lebih mahal dibanding dengan yang lain. Jenis AC low watt sangat cocok untuk rumah dengan daya listrik kecil karena memang tarikan listrik awalnya paling kecil jika dibandingkan dengan AC lainnya. Hanya saja kekurangan AC low watt ini adalah pendinginannya yang lebih lambat dibandingkan dengan AC Standard maupun AC inverted. Hal ini karena memang tenaga yang digunakan jauh lebih sedikit.

Selain itu AC low watt juga sangat cocok untuk digunakan dalam ruangan yang seringkali dibuka tutup atau banyak orang yang masuk keluar. Ac low watt juga cocok untuk penggunaan yang kurang begitu lama sekitar 2-3 jam.

AC Inverter

Dapat dikatakan jika AC inverter menjadi kelas AC tertinggi dibandingkan jenis AC lainnya. Teknologi yang disematkan dalam AC inverter akan membuat kerja kompresor di dalam AC menyesuaikan dengan kebutuhan sehingga dapat mencapai suhu yang diinginkan. Misalnya saja, anda memilih penyetelan suhu 24 derajat celcius pada remote AC, maka pada saat AC dinyalakan maka AC akan bekerja keras untuk mendinginkan ruangan. Penggunaan awal memang akan menyedot listrik yang agak tinggi dibandingkan AC standard. Ketika suhu ruangan mencapai 24 derajat celcius, maka kompresor pada AC bekerja seminimal mungkin.

AC inverter ini akan terus bekerja untuk membuat suhu ruangan tetap stabil dan sesuai dengan pengaturan suhu yang sudah anda setel. Karena ini, maka AC inverter tidak cocok ditempatkan dalam ruangan yang seringkali dibuka tutup ataupun banyak orang yang keluar masuk. Selain itu AC inverter juga tidak tepat jika digunakan untuk waktu yang sebentar karena memang tarikan listriknya yang sangat tinggi di awal.

Lalu AC mana yang cocok untuk anda? Jika anda menginginkan AC yang paling irit dan penggunaan yang kurang begitu lama, maka pilihan AC low watt adalah yang paling tepat. Sedangkan AC inverter adalah jenis AC yang irit ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama serta pada ruangan yang jarang dibuka tutup. Nah itu tadi informasi mengenai perbedaan jenis AC serta harga AC yang dapat anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *