Saat ini trend fotografi semakin meluas dikalangan masyarakat, hal ini juga membuat produsen kamera banyak mengeluarkan produk-produk unggulannya untuk menarik minat konsumen. Salah satunya adalah jenis kamera digital yang saat ini sedang banyak dicari oleh para pecinta fotografi. Meskipun harganya terbilang mahal, namun karena kualitas gambar yang dihasilkan juga memuaskan tak heran sejak jenis kamera yang satu ini begitu laris dipasaran.

Begini Cara Mudah Memilih Kamera Digital untuk Para Pemula 

Jika Anda masih tergolong pemula dalam dunia fotografi dan baru akan membeli kamera jenis digital tersebut, Anda tidak boleh memilihnya secara sembarangan. Hal ini dikarenakan kamera pertama yang Anda miliki akan menentukan pilihan aksesoris selanjutnya. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini akan kita bahas cara mudah memilih kamera untuk para pemula, antara lain: 

  • Menyesuaikan budget dengan kebutuhan.

Untuk para pemula dalam dunia fotografi, disarankan untuk membeli jenis kamera yang fiturnya mudah dipahami. Setelah itu, sesuaikan kebutuhan penggunaan kamera dengan budget yang Anda miliki.

  • Sensor.

Pastikan Anda memilih jenis sensor full frame pada kamera yang akan Anda beli. Sensor ini nantinya akan memudahkan Anda saat mengambil gambar, karena apa yang Anda lihat dalam viewfinder itulah hasil fotonya.

  • Ukuran resolusi megapixels.

Tips mudah dalam membeli kamera digital selanjutnya adalah menentukan jenis resolusi kamera. Jika nantinya Anda ingin mencetak foto dalam ukuran yang besar, maka pilihlah resolusi megapixels yang besar juga ukurannya supaya hasil cetakan foto bisa maksimal dan tidak pecah.

  • Iso.

Fitur yang tidak kalah penting dan harus diperhatikan sebelum membeli kamera adalah pengaturan iso saat kamera digunakan untuk memotret dalam keadaan yang gelap. Iso sangat berkaitan erat dengan sensitifitas sensor antara kamera dan cahaya.

  • Image stabilization.

Pilihlah jenis kamera yang memiliki fitur image stabilization supaya dapat memudahkan Anda saat mengambil gambar. Biasanya ketika mengambil gambar pada area yang cahayanya kurang, maupun ada gerakan tangan yang tidak sengaja akan membuat hasil gambar menjadi blur. Oleh karena itu, fitur ini dapat menjadi solusi yang tepat.

Selain beberapa hal penting di atas, memilih model dan ukuran kamera juga perlu Anda perhatikan. Sebagai pemula, pilihlah model kamera yang simpel dengan bobot yang ringan supaya dapat memudahkan Anda yang masih dalam tahap belajar, dan nyaman apabila dibawa kemana-mana. Pahami setiap fitur maupun semua tombol kamera dengan cara mengambil gambar berulang-ulang, hal ini akan membuat Anda cepat mahir dalam menggunakan kamera dan membuat hasil gambar yang jernih sesuai dengan yang Anda inginkan.

Itulah beberapa cara mudah memilih kamera digital yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membelinya saat masih dalam tahap belajar atau pemula. Dengan mengikuti semua cara di atas secara benar, maka sudah pasti Anda bisa mendapatkan jenis kamera yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan para fotografer pemula.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *