Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah Anda dapat membuat filter air sendiri di rumah? Dengan hanya mereplikasi lapisan di tanah, Anda dapat meniru proses penyaringan air alami yang terjadi dalam siklus air. Melakukan brainstorming selama satu menit untuk menghasilkan beberapa ide. Pikiran pertamanya adalah menggunakan saringan untuk membersihkan kotoran, tetapi lubangnya terlalu besar dan hampir tidak dibersihkan. Meskipun ini bekerja sedikit lebih baik, air masih berlumpur.

Beginilah Cara Mudah Membuat Filter Air Sendiri 

Untuk percobaan ini Anda akan membutuhkan:

  • Botol plastik atau corong.
  • Sebuah vas.
  • Kerikil.
  • Arang aktif.
  • Pasir bersih.
  • Kapas.
  • Kotoran.
  • Air.

Berikut langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Gunakan botol plastik. Merekomendasikan penggunaan botol plastik dalam kehidupan sehari-hari Anda tetapi hari ini Anda dapat menggunakan yang lama untuk penggunaan yang baik.
  2. Mulailah dengan memotong bagian bawah botol dengan gunting. Ini adalah satu-satunya langkah dari eksperimen ini yang tidak ramah anak tetapi yang lainnya aman dan mudah bagi tangan-tangan kecil.
  3. Sekarang balik botol Anda ke dalam vas.
  4. Saatnya memulai layering. Lapisan pertama adalah bola kapas Anda. Anda ingin memiliki kapas 1-2 inci. Lapisan selanjutnya adalah arang aktif Anda. Ide yang lebih baik adalah melakukan keduanya sekaligus untuk membantu mengajari anak-anak Anda tentang siklus air. Overtop arang, tambahkan 2 inci kerikil. Anda juga dapat menggunakan batu jika Anda tidak memiliki kerikil.
  5. Lapisan Anda berikutnya adalah 3-4 inci pasir. Karena pasir Anda ada di sana untuk menjebak partikel yang lebih besar, semakin bersih pasir semakin baik eksperimen ini akan berubah. Terakhir, tambahkan lapisan kerikil lainnya.
  6. Sekarang ambil segelas besar air dan kotoran. Campurkan banyak kotoran ke dalamnya dan ubah menjadi lumpur.
  7. Tuangkan air berlumpur Anda ke bagian atas filter air Anda dan saksikan perlahan-lahan menjernihkan lapisan dan membuat jalan melalui filter Anda ke kaca di bawahnya.

Ini adalah kegiatan pendidikan yang sangat baik yang membantu memperluas proses penyaringan siklus air dan menjelaskan bagaimana filter bekerja. Dengan mengikuti beberapa langkah yang ada di atas, maka Anda tidak akan lagi merasa kesulitan untuk menyaring dan menemukan air yang bersih, karena cara yang dilakukan cukuplah mudah dan sangat sederhana. 

Air yang di filter Idealnya, Anda akan memiliki air yang jernih keluar dari ujung yang lain. Meskipun ini bukan air bersih yang pernah Anda lihat, namun Anda tetap bisa melakukannya dan membuat Anda untuk bisa membuat filter air dengan cara yang lebih mudah dan lebih praktis lagi. akan tetapi Anda memiliki kewajiban untuk mempelajari banyak hal nya dengan sebaik mungkin. Terlebih lagi apabila Anda tidak pernah tahu jenis kontaminan apa yang bisa bersembunyi di sana maka jangan sampai Anda gaptek informasi akan hal ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *