Trend gaya hidup ramah lingkungan saat ini memang semakin diminati oleh penduduk kota. Masyarakat mulai memilih produk yang tak memberi dampak buruk bagi lingkungan termasuk saat memilih moda transportasi. Salah satu moda transportasi yang ramah lingkungan, dan bisa Anda andalkan adalah sepeda listrik. Namun, untuk memilih sepeda spesial ini, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan.

erbagai Hal yang Harus Anda Perhatikan Ketika Membeli Sepeda Listrik

Menentukan tujuan pembelian

Sepeda listrik pada dasarnya memiliki beberapa jenis serta model yang dirancang untuk tujuan yang berbeda. Sebelum melakukan pembelian, usahakan Anda sudah mengetahui untuk apa saja sepeda ini nantinya. Contohnya, jika ingin pergi di sekitar kota, lebih baik pilih sepeda yang memiliki kapasitas cukup tinggi.

Kapasitas baterai

Berdasarkan nama yang dimilikinya, sepeda ini menggunakan energi listrik yang berasal dari baterai. Jika kapasitas baterainya besar, otomatis akan menghasilkan peforma yang cukup prima. Oleh sebab itu, perhatikan kembali berapa kapasitas baterai yang diberikan. Semakin besar kapasitasnya, berbanding lurus dengan jarak yang bisa ditempuh.

Merek terpercaya

Dengan pemilihan merek terpercaya, Anda tak perlu cemas dengan kualitas yang ditawarkan. Biasanya, merek yang terpercaya akan memberikan komponen yang tahan lama pula. Sehingga, akan semakin banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Harga masuk akal

Untuk masalah harga, harga berbanding lurus dengan merek yang dimiliki. Anda bisa memilih sepeda listrik dengan harga masuk akal dan berkualitas.

Seperti apa after sales yang diberikan?

Karena sepeda ini tidak seperti sepeda biasanya, lebih baik Anda juga mempertimbangkan after sales yang ditawarkan oleh merek tersebut. Jangan sampai baru digunakan beberapa bulan, sepeda sudah rusak dan garansi sulit diklaim.

Keuntungan menggunakan sepeda listrik

Sebenarnya, apa keuntungan memiliki sepeda listrik sehingga membuatnya banyak diburu? Berikut beberapa diantaranya:

  • Ramah lingkungan. Karena menggunakan tenaga listrik, sepeda ini tak mengeluarkan asap seperti motor. Sehingga, tidak ada karbondioksida yang mengebul. Selain itu, sepeda ini juga tidak mengeluarkan limbah mesin seperti oli.
  • Terdapat 2 pilihan berkendara. Dengan menggunakan sepeda ini, Anda mempunyai 2 pilihan yakni menggunakan tenaga listrik atau menggenjotnya seperti biasa. Contohnya, saat berada di jalan menanjak, Anda bisa menggunakan tenaga listrik, dan dijalan datar, Anda bisa mengayuhnya seperti sepeda biasa.
  • Hemat keuangan dan energi. Keunggulan lainnya adalah hemat energi serta keuangan. Bila Anda membutuhkan 2 liter bensin untuk menempuh jarak 80 km menggunakan motor, Anda hanya perlu uang sebesar Rp 8 ribuan menggunakan sepeda listrik dengan jarak yang sama. Sebagai sebuah ilustrasi, mungkin Anda membutuhkan dana sebesar Rp 600 ribuan sebulan untuk sepeda motor, namun dengan menggunakan sepeda canggih ini, Anda hanya membutuhkan Rp 40 ribu saja, Rp 40 diperoleh bila Anda menyetrumnya setiap hari.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *