Perkembangan alat musik semakin mempermudah para musisi untuk terus dapat berkarya. Salah satunya adalah drum elektrik. Dengan adanya drum yang tersambung dengan listrik tersebut akan semakin mempermudah dalam menghasilkan bunyi yang dikehendaki. Bagi Anda yang ingin memiliki drum ini, ada baiknya Anda memperhatikan kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda akan lebih yakin untuk memiliki drum satu ini.

Kelebihan dan kekurangan drum elektrik adalah sebagai berikut:

Kelebihan. Kelebihan yang dimiliki drum ini adalah pertama desain yang minimalis membuat drum ini dapat diletakkan di tempat yang tidak terlalu luas. Jadi Anda yang memiliki ruangan yang tidak begitu besar, Anda dapat menggunakan drum ini. Drum ini juga akan muat diletakkan di kamar tidur Anda. kedua stick lebih tahan lama. Stick drum ini dibuat berbeda dengan drum akustik. Pada drum akustik stick dibuat untuk memukul membran dengan sekuat tenaga sehingga stick akan lebih cepat rusak. Berbeda dengan drum yang terhubung dengan listrik ini yang hanya dipukulkan pada membran karetnya saja. Dengan demikian stick yang digunakan lebih awet. Ketiga drum ini dapat diperdengarkan dengan menggunakan headset sehingga tidak menimbulkan suara bising yang mungkin dapat mengganggu orang sekitar. Keempat bunyi yang diinginkan dapat diatur sesuai selera dan lebih mudah dibersihkan karena tidak perlu bongkar pasang. Jadi Anda yang memiliki aktivitas yang sibuk, dapat tetap merawat drum ini dengan mudah.

Baca juga: Prinsip Kerja dan Harga Sound System Terbaru

Meski memiliki banyak kelebihan drum ini juga memiliki beberapa kelemahan. Pertama meski menghasilkan bunyi yang serupa dengan drum akustik, tetapi tetap tidak sama. Feel yang diperoleh dengan memainkan drum ini kurang maksimal sebagaimana memainkan drum akustik. Kedua bagi drummer pastinya akan merasakan perbedaan saat memainkan drum ini. Karena beberapa suara bisa kurang atau justru tidak lengkap. Para pendengarnya pun dapat membedakan kualitas bunyi yang dihasilkan apabila menyukai musik yang menggunakan drum. Ketiga pada beberapa komponen drum ini tidak dat dimaksimalkan sehingga bunyi yang dihasilkan hanya standar saja. keempat hanya dapat menggunakan stick khusus sehingga tidak dapat menggunakan stick brush yang biasa digunakan dalam memukul drum akustik.

 

Demikian adalah beberapa kelebihan dan kekurangan pada drum elektrik yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membeli drum ini. Banyak musisi yang tetap memilih jenis drum akustik karena memang kepuasan yang diperoleh lebih maksimal. Akan tetapi bagi Anda yang ingin kemudahan dan memainkan drum untuk sarana penyaluran hobi saja, drum satu ini bisa menjadi alternatif Anda. selain karena komponennya yang lebih sederhana, perawatannya pun lebih mudah. Jadi Anda tidak perlu ragu membeli drum dengan daya listrik ini karena aktivitas bermain musik Anda tetap dapat dilakukan dengan maksimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *