Sebagian orang mungkin berpikir komputer gaming atau bermain game di komputer hanya membuang-buang waktu dan biaya. Tetapi ternyata kegiatan tersebut mengandung berbagai manfaat yang dapat diperoleh oleh para gamers baik anak-anak maupun orang dewasa. Bermain game komputer memang terkesan tidak berguna, tetapi siapa sangka bahwa dengan bermain game banyak hal yang dapat diperoleh.

 

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan komputer gaming:

 

  1. Aktivitas fisik. Beberapa game didesain agar para pemainnya melibatkan aktivitas fisik yang berguna untuk olahraga. Dengan demikian dalam memilih game juga harus selektif, tidak hanya memilih game yang tidak ada kegunaannya sama sekali.
  2. Koordinasi mata dan tangan. Bermain game yang melibatkan anggota tubuh utama mata dan tangan membuatnya harus lebih tangkas dalam memainkan kedua organ tubuh tersebut. Meski banyak cara yang dapat dilakukan untuk melatih ketangkasan mata dan tangan, tetapi ternyata hal yang dapat menarik perhatian terutama kalangan anak-anak adalah game. Dengan bermain game di komputer secara otomatis tangan dan mata akan terus bergerak sesuai dengan game yang dimainkan sehingga lambat laun mata dan tangan semakin terlatih. Ketangkasan pada mata dan tangan akan membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  3. Melatih ketrampilan dalam berinteraksi. Khususnya bagi anak-anak keunggulan dalam bermain game dapat melatih mereka untuk bersosialisasi dengan para pemain lain baik yang mereka kenal maupun tidak. Interaksi tersebut dapat mereka aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari saat bertemu dengan orang lain.
  4. Meningkatkan kemampuan kognitif. Banyak game yang didesain untuk memecahkan masalah dan pengambilan keputusan yang tepat. Para pemainnya dituntut agar bergerak cepat dalam menghadapi suatu masalah. Dengan demikian pengaruh positif tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Mengurangi stress. Sebagian besar game memang dibuat sebagai salah satu sarana hiburan sehingga dapat mengurangi tekanan pikiran yang dialami. Setiap orang baik anak-anak maupun orang dewasa pasti akan mengalami stress pada tingkat tertentu sehingga membutuhkan hiburan yang dapat mengurangi dan menghilangkan stress yang ada. Dengan demikian game menjadi sarana yang paling mudah untuk menghilangkan stress karena dapat mengalihkan pikiran.

 

Berbagai manfaat yang diperoleh dengan komputer gaming tersebut dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menyikapi adanya game yang banyak menyita perhatian ini. Meski memiliki berbagai dampak positif, tetap harus diterapkan prinsip agar tidak berlebihan dalam bermain game. Pemilihan game yang mendidik juga sangat diperlukan sehingga selain sebagai sarana hiburan, game juga dapat menjadi alternatif untuk memperoleh kemampuan yang positif. Selain itu, terutama bagi anak-anak pengawasan orang tua sangat penting terkait game komputer ini. Karena masa tersebut merupakan masa belajar yang baik bagi mereka jadi batasi waktu mereka dalam bermain game sehingga dapat melakukan kegiatan lain yang dapat mendukung belajar mereka.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *