Berbagi Melalui USB Hotspot – Kita sering kali mendengar istilah wifi dalam keseharian. Lalu sebenarnya apa itu? Wifi adalah teknologi yang memanfaatkan alat elektronik untuk bertukar data tanpa kabel, menggunakan gelombang radio, melalui jaringan komputer, termasuk internet berkecepatan tinggi. Teknologi yang terus berkembang dan berinovasi melahirkan produk elektronik yang makin canggih. Salah satu contohnya adalah wireless adapter.

Mungkin sebagian dari kita ada yang belum pernah mendengar alat tersebut. Seperti apa dan bagaimana cara penggunaannya. Wireless adapter umumnya terdiri dari dua jenis, yang ditempatkan pada socket motherboard atau PCI dan yang dihubungkan lewat port usb. alat ini dikenal juga dengan sebutan usb wfi adapter atau usb hotspot. Alat yang berfungsi sebagai penerima sinyal atau koneksi wifi dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa kabel. Teknologi ini cukup terbilang mudah dioperasikan.

Laptop keluaran terbaru biasanya sudah disertai dengan wireless adapter diperangkatnya. Tetapi bila laptop kita tidak ada fitur tersebut, alat ini bisa menjadi solusinya. Dengan alat ini kita bisa menggunakan jaringan internet untuk dipakai pada laptop. Meskipun kecil, alat ini cukup tangguh dan sudah dapat berjalan dengan baik di sistem operasi windows. Perangkat ini bisa kita sambungan langsung ke port usb yang tersedia di laptop atau menggunakan kabel usb bila dirasa perlu.

Nilai plus dari alat ini tidak harus bongkar chasing komputer desktop, bisa digunakan di laptop, dan ukurannya yang mungil membuat mudah dibawa kemana saja. Cara instalasi perangkat ini sangat mudah, kita tinggal mencoloknya ke port usb komputer desktop yang sudah terhubung dengan jaringan internet, melakukan install driver untuk menjalankan perangkat, dan siap digunakan sebagai usb hotspot.

Baca Juga: Tata Cara Penambatan USB Hotspot

Kecepatan alat ini mencapai 300Mbps yang bisa memutar video kualitas HD dengan lancar, mendengarkan lagu mp3 secara Online, dan bermain game online. Jarak terima sinyal untuk alat ini pun bervariasi. Ada yang berkisar 10 sampai 150 meter.. Kualitas dan spesifikasi tiap jenis dan pabrikan jelas berbeda. Berikut kiat memilih alat tersebut.

Umumnya harga sebanding dengan kualitas. Jangan tergiur dengan harga yang murah, sebaiknya periksa alat tersebut. Lebih baik lagi kalau boleh dites terlebih dahulu berfungsi dengan baik atau tidak. Bila perlu kita bisa mencari tahu dengan googling atau bertanya kepada ahlinya

Biasakan membaca spesifikasi barang yang akan kita beli. Seperti apa alat tersebut, kekuatan sinyal, dan jangkauan tangkap alat tersebut. Kecepatan transfer data juga bisa menjadi pertimbangan untuk membeli.

Pertimbangkan tentang garansi bila alat yang kita beli terjadi kendala, baik kerusakan atau tidak berfungsi. Garansi bisa menghemat pengeluaran yang tidak perlu atas kerusakan usb hotspot tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *