Home Produk Elektronik Berikut Tips untuk Memperbaiki Kulkas 2 Pintu yang Tidak Dingin

Berikut Tips untuk Memperbaiki Kulkas 2 Pintu yang Tidak Dingin

by Caswitin
cara memperbaiki kulkas tidak dingin

Kulkas merupakan salah satu alat perlengkapan rumah tangga yang paling umum dijumpai di rumah pada jaman modern sekarang ini. Dengan beragam fungsi, penggunaan dan perawatan kulkas harus benar. Salah satu masalah yang paling sering dialami ibu rumah tangga adalah kulkas tidak dingin. Kulkas tidak dingin memiliki banyak kemungkinan penyebab masalahnya. Mulai dari refrigran yang mengalami kebocoran, kerusakan kompresor, hingga rusaknya kapasitor. Solusi paling bijak cara memperbaiki kulkas tidak dingin adalah dengan menggunakan jasa profesional untuk melakukan pengecekan dan perbaikan terhadap komponen-komponen pada kulkas anda. Hal tersebut dapat menghindari kerusakan kulkas anda lebiih berat. Terutama bagi anda yang masih awam dalam hal pengetahuan elektronik.

Kulkas terdapat bebagai macam jenis merk, ukuran, tipe, dan harganya. Terdapat kulkas 1 pintu dan terdapat kulkas 2 pintu. Untuk kulkas 2 pintu sendiri memiliki jumlah komponen lebih banyak dari jenis kulkas 1 pintu. Tentunya juga perlu perawatan khusus untuk kulkas 2 pintu agar tetap tahan lama. Kulkas 2 pintu tidak dingin dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kerusakan kompresor dan bagian-bagian elektronik lainnya. cara memperbaiki kulkas tidak dingin antara kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu sedikit berbeda, karena jumlah komponennya juga berbeda.
Kulkas 2 pintu memiliki 2 ruangan terpisah yaitu bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas merupakan frezer sebagai pembeku untuk membuat es batu dan es cream. Sedangkan, bagian bawah sebagai pendingin biasa untuk menyimpan sayuran, buah, minuman, dan makanan agar tetap segar dan tidak basi. Untuk bagian bawah tidak membutuhkan pendinginan maksimal karena memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan makanan.

Terkadang mengalami beberapa masalah kerusakan kulkas 2 bagian bawah, tentunya ini akan sangat mengganggu mengingat fungsi kulkas yang cukup penting sebagai penyimpan makanan dan minuman. Pendinginan bagian bawah datang melalui ventilasi lewat hasil pendinginan yang dilakukan frezer (bagian atas) melalui evaporator. Artinya, bagian bawah tidak melakukan proses pendinginannya sendiri karena udara dingin dari bagian atas dihembuskan oleh kipas.

Baca Juga:  5 Cara Membersihkan Kulkas dari Bau, Jamur, dan Karat

Kulkas 2 pintu pada bagian bawah tidak dingin disebabkan pembekuan es dibagian frezer, kipas mati, dan tidak bekerjanya otomatis pintu berupa sensor. Untuk mengatasai penyebabb tersebut, diperlukan cara memperbaiki kulkas tidak dingin, khususnya kulkas 2 pintu. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai cara memperbaiki kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin, yaitu sebagai berikut:

1. Pembekuan bagian freezer

Proses pendinginan bagian bawah kulkas 2 pintu memerlukan bantuan frezer. Apabila frezer sudah dingin, maka udara dingin akan di dorong oleh kipas yang terletak di bagian atas yang melewati celah ventilasi hingga melakukan pendinginan ke bagian bawah kulkas. Tetapi, sistem tersebut tidak seterusnya berjalan dengan baik sehingga mampu membuat penumpukan es di bagian evaporator. Jika terdapat tumpukan es yang sangat tebal, maka ventilasi akan tertutupi yang mengakibatkan udara dingin tidak tururn ke bagian bawah kulkas 2 pintu.
Sedangkan, cara memperbaiki kulkas tidak dingin pada kulkas 2 pintu bagian bawah yaitu cabut colokan kulkas dan diamkan beberapa saat sampai tumpukan es tersebut mencair. Anda membutuhkan sekitar 6 jam untuk mencairkan es di dalam evaporator kulkas, kemudian. hidupkan kulkas kembali dan kulkas 2 pintu akan kembali normal. Tetapi, jika beberapa hari kemudian permasalahan tersebut terjadi lagi, maka kemungkinan ada komponen kulkas 2 pintu anda ada yang rusak. Pastikan juga pintu kulkas bagian atas atau bagian selalu tertutup rapat.

2. Kipas kulkas mati

Terkadang kipas bagian atas kulkas 2 pintu tidak berputar, yang disebabkan oleh beberpa hal hal seperti kipas memang sudah mati, kipas terhimpit atau tertutup tumpukan es, atau rusaknya swicth pintu kulkas. Jika switch ini bermasalah maka kipas kulkas tidak akan berputar. Untuk itu, diperlukan cara memperbaiki kulkas tidak dingin pada kulkas 2 pintu yaitu dengan mengganti kipas kulkas dengan yang baru dengan spesifikasi dan ukuran yang sama. Namun, sebelum anda menggantinya, langkah baiknya memeriksa kondisi kipas, bisa saja kipas hanya macet.

Baca Juga:  Mengulas Tentang Perbedaan dari Harga Bor Bosch dengan Produk Lainnya

3. Otomatis pintu (switch)

Otomatis pintu (switch) kulkas befungsi sebagai sensor cahaya. Namun, sensor ini hanya ada dibeberapa merk kulkas seperti LG dan Sharp. Sensor cahaya tersebut akan bekerja ketika anda membuka dan tutup pintu kulkas. Ketika pintu tertutup maka sensor berupa lampu akan menyala dengan cahaya redup, selanjtnua sirkulasi akan terbuka sehingga udara dingin tersebar melalui ventilasi. Jika sensor bermasalah, maka udara dingin tidak akan mengalir pada bagian bawah ketika pintu kulkas anda tutup. Cara memperbaiki kulkas tidak dingin yang disebabkan permaslahan tersebut dengan mengganti otomatis pintu (switch) baru. Namun jika otomatis pintu (switch) permasalahanya dan anda tidak bisa menemukannya, maka segeralah menghubungi service centernya.

Saya akan menambahkan sedikit, tulisan tentang cara memperbaiki kulkas LG 2 pintu bagian bawah tidak dingin. Sebelum anda memperbaiki kulkas 2 LG 2 pintu, tentunya ada beberapa alat yang harus anda persiapkan, seperti obeng dan tang. Untuk langkah paling mudah dan sederhana dalam cara memperbaiki kulkas LG 2 pintu bagian bawah tidak dingin hampir sama dengan tulisan saya di tas. Antara lain hal yang harus anda lakukan:

a. Cek tempat penampung air pembuangan ada air atau tidak. Apabila terdapat pembuangan berarti tidak ada masalah. Namun, apabila tidak terdapat pembuangan air akan terjadi penyumbatan.
b. Matikan kulkas selama lebih 6-7 jam. Setelah maksimal 7 jam maka kembali hidupkan kulkas. dengan cara mencabut ccolokan listrik dengan posisi pintu terbuka.
c. Pastikan pintu bagian atas dan bagian bawah selalu tertutup.

Jika anda mengalami kesulitan dalam memperbaiki kulkas 2 pintu tidak dingin, mintalah bantuan jasa profesional elektronik atau hubungi langsung service center sesuai mmerk masing-masing kulkas anda. Semoga tulisan ini dapat sedikit membantu anda. Silahkan mencoba..

Baca Juga:  Mengenal 3 Ciri Laptop Gaming Terbaik Supaya Tidak Salah Pilih

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More