Salah satu hal yang membuat dilema saat membeli kulkas adalah karena banyaknya pilihan. Semakin banyak fitur unggulan terbaru. Salah satunya adalah letak freezer. Terdapat pilihan yang terletak di atas, ada juga yang terletak di bawah. Apakah hal ini sama saja? Atau apakah dari kedua model ini memiliki kelemahan? Di bawah ini akan di bahas perbedaan-perbedaan dari kedua model tersebut sebagai paduan pembaca.

Bingung Memilih Freezer Atas atau Bawah? Simak Review Di Bawah ini Terlebih Dahulu

Fungsi Freezer

Sebelum memilih model freezer atas atau bawah yang sesuai, lebih dulu kita harus tahu fungsi dari item ini sendiri. Fungsinya yakni bagian kulkas yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan beku seperti ikan atau daging. Selain yang terdapat dalam satu unit dengan kulkas, ada pula yang menjadi unit terpisah yang sering dipakai nelayan untuk membekukan ikan. Dengan begitu dapat disimpulkan pada bagian ini derajat dinginnya lebih rendah dan jarang diakses. Volumenya sendiri biasanya adalah ΒΌ bagian dari kulkas. Model bagian atas tentu sudah tidak asing bagi kita, namun untuk bagian bawah, mungkin masih bisa dibilang baru. Lebih lanjutnya, untuk menentukan model atas atau bawah, Anda harus memerhatikan fungsi, kenyamanan penggunaan, efisiensi energy, harga, dan pilihan model.

Kenyamanan Penggunaan

Faktor ini harus menjadi bahan pertimbangan yang utama, karena umumnya bagian freezer memang jarang dibuka. Jika Anda tidak begitu sering membuka bagian ini, model yang cocok untuk Anda adalah bagian bawah. Sedangkan jika Anda sering mengaksesnya, bagian atas tentu akan memudahkan mobilitas Anda. Memilih model bagian bawah pun juga harus mempertimbangkan mobilitas anggota keluarga dalam mengaksesnya, jika ada yang kesulitan untuk membungkuk, lebih baik untuk memilih model atas. Alasan orang memilih model bagian bawah sendiri juga bisa karena ingin melihat makanan di lemari pendingin agar tidak terlalu rendah.

Efisiensi Energy

Mungkin banyak yang mengira freezer bagian atas memiliki penggunaan energy listrik yang lebih hemat dibanding bagian bawah. Namun hakikatnya perbedaan keduanya tidaklah banyak. Dari statistic dan angka penggunaan kulkas baru kedua model ini. Kedua-duanya memiliki penggunaan yang relatif sama. Lain halnya jika dibandingkan dengan kulkas lama. Kulkas lama cenderung lebih boros listrik. Dalam beberapa kasus pun malah disebutkan bahwa model bagian atas lebih hemat dibanding bagian bawah. Untuk itu, faktor penggunaan listrik tidak harus menjadi fokus utama Anda.

Harga dan Pilihan Model

Untuk urusan harga, model bagian atas bisa dibilang lebih murah, karena model ini jauh lebih dulu muncul di pasaran dan tersedia banyak. Sedangkan untuk model bagian bawah masih terbilang baru sehingga harganya relatif lebih mahal.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa saat menentukan model freezer mana yang akan dipilih, fokuslah pada gaya, kenyamanan, serta harganya. Kemudahan aksesibilitas juga harus menjadi fokus utama. Sedangkan penggunaan listrik tidak perlu menjadi bahan pertimbangan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *