Keinginan untuk menyediakan hiburan terbaik di rumah bisa mempertimbangkan untuk menghadirkan sound system terbaru sehingga player pun semakin maksimal dalam menunjukan performanya. Sound system digunakan untuk menunjang suatu perangkat agar menghasilkan audio atau suara yang lebih jelas dan berkualitas. Beberapa perangkat televisi modern dirancang dengan speaker yang kurang mumpuni sehingga suara yang dihasilkan cenderung berdengung dan tentunya tidak jelas. Anda bisa menambahkan sound system yang meski agak mahal setidaknya sensasi menonton TV maupun menyalakan DVD terasa optimal.

Merawat Sound System Secara Tepat

Sebagai salah satu komponen tambahan pada perangkat TV maupun DVD dan sejenisnya tentu masih masuk kategori elektronik. Perawatan terbaik pun wajar dan wajib diberikan agar lebih awet dan kualitasnya terjaga, maka berikan beberapa perawatan ini:

  • Memperhatikan kebersihan,

Elektronik jenis apapun dijamin rentan rusak tatkala bersinggungan dengan debu, sedikit saja sudah ada efeknya apalagi jika banyak. Maka wajib sekali menjaga kebersihan tempat menaruh maupun menyimpan sound system ini. Supaya debu tidak merusak komponen di dalamnya sehingga kerusakan bisa dicegah lebih dini.

  • Memastikan suhu ruangan ideal,

Tempat Anda menaruh perangkat sound system terbaru baiknya diatur kondisi suhunya agar tidak terlalu lembab maupun terlalu panas. Kelembaban membuat semua jenis elektronik rentan mati secara mendadak. Tidak terkecuali untuk sound system ini maka jika ruangan dilengkapi dengan AC atur suhu agar tidak terlalu dingin. Sebaliknya, jika ruangan terlalu panas pun efeknya akan merusak sehingga perlu ditata dengan baik. Sediakan kipas angin, atau opsional paling aman untuk ruangan tanpa AC adalah mengatur jam pemakaian agar tidak berlebihan

  • Nyalakan seminggu sekali jika jarang digunakan,

Ketika perangkat sound system ini jarang dipakai maka bisa jadi komponen speaker akan mudah mengalami kerusakan. Perlahan kualitas suara yang dihasilkan akan memudar dan jika dimatikan terlalu lama maka akan mati dengan sendirinya. Maka idealnya komponen sound system dipakai atau dinyalakan secara teratur. Jika memang tidak pernah digunakan maka minimal satu kali dalam seminggu dinyalakan supaya speaker tidak menjadi kaku. Kualitas suaranya tetap baik dan dijamin Anda pun selalu puas menggunakannya meski sudah jarang.

  • Simpan perangkat di tempat kering,

Ketika lama tidak dipakai maka idealnya perangkat sound system ini disimpan daripada berdebu tebal di sudut dekat televisi. Namun pastikan disimpan dengan benar, dibersihkan dulu baru dimasukkan ke dalam ruang kering dan bersih. Pastikan ruang penyimpanan ini tidak lembab sebab komponen kabel mudah sekali terserang jamur. Jika memang terjadi dijamin akan ada bagan-bagian yang menipis dan tembaga di kabel akan mencuat keluar sehingga tidak aman dipakai. Simpan sound system terbaru dengan benar agar awet dan kualitasnya terjaga meski disimpan lama.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *