Barang-barang elektronik rumah tangga sekarang ini semakin komplit, bahkan para ibu rumah tangga modern tidak perlu lagi kerepotan mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga karena munculnya teknologi baru. Salah satu yang sudah banyak sekali digunakan adalah microwave atau alat panggang makanan. Mungkin orang sering menggunakan alat tersebut untuk membuat kondisi masakan tetap dalam suhu panas. Tetapi saat ini juga sudah ada banyak sekali resep membuat makanan yang perlu menggunakan alat tersebut.

 melihat microwave dalam kondisi yang sangat kotor maka segera lakukan tindakan. Jangan pernah menunda untuk membersihkan alat tersebut karena kotoran akan semakin susah untuk dihilangkan.  

Hobi bereksperimen di dapur setiap hari terkadang membuat kondisi berbagai peralatan berantakan atau kotor. Mungkin karena memang penggunaan yang sembarangan, terkena makanan ataupun kotoran lainnya menempel. Hal itu juga terjadi pada alat oven Anda, banyak sekali kotoran sisa adonan ataupun masakan yang menempel. Terkadang hal itu membuat ibu rumah tangga kesusahan untuk menghilangkan. Bagi Anda yang merasakan masalah yang sama bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

Gunakan cuka.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa zat seperti cuka itu mempunyai kandungan antibakteri yang cukup tinggi. Jadi secara tidak langsung hal itu akan membuat kondisi peralatan masak Anda tetap bersih dan bersinar meskipun telah digunakan dalam waktu yang lama. Anda bisa menuangkan saja satu sendok cuka dalam dan aduk. Setelah itu masukkan dalam microwave kemudian panaskan kurang lebih 5 menit. Dan terakhir Anda matikan lalu diamkan dan lap menggunakan kain atau spon yang lembut.

Baca Juga : Tips Cerdas Memilih Microwave Oven Convection untuk Jangka Panjang

Gunakan air jeruk.

Jeruk merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai perlengkapan dapur Anda. Selain itu aroma jeruk yang segar juga dapat memberikan bau yang berbeda. Anda bisa menggunakan perasan air jeruk beserta buahnya untuk membersihkan oven yang ada dirumah. Cara yang Anda perlukan tidak jauh berbeda dengan penggunaan bahan sebelumnya.

Baking soda.

Tidak berbeda jauh dengan jeruk karena baking soda juga bisa memberikan aroma yang berbeda untuk peralatan Anda. Campurkan baking soda dan air sesuai dengan takaran, umumnya perbandingan 1:1 saja. Untuk beberapa noda atau kerak yang membandel bisa Anda campurkan kedalam wadah oven dan lakukan cara seperti bahan-bahan sebelumnya.

Lap basah.

Selain bahan-bahan diatas Anda juga bisa memanfaatkan lap atau tisu basah dapur yang sering digunakan oleh ibu rumah tangga. Anda bisa basahi tisu terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan pengelapan pada semua bagian noda membandel.

 

Nah, demikian beberapa bahan dan cara untuk membuat kondisi dari alat oven Anda tetap dalam kondisi bersih dan bersinar sepanjang hari. Kebersihan peralatan dapur pastinya akan mempengaruhi Anda saat memasak. Jika Anda melihat microwave dalam kondisi yang sangat kotor maka segera lakukan tindakan. Jangan pernah menunda untuk membersihkan alat tersebut karena kotoran akan semakin susah untuk dihilangkan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *