Di zaman modern dengan perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat peralatan elektronik semakin canggih. Salah satunya adalah DVD player. DVD player wajib dimiliki setiap orang di rumah untuk menonton video atau sekedar mendengarkan musik. Selain itu, kini juga banyak tersedia DVD player yang bisa dibawa kemana-kemana yang sering dikenal dengan DVD player portable. Biasanya bentuknya lebih kecil dan ringan.

Cara Jitu Memilih DVD Player Portable Berkualitas

Cara memilih DVD player portable

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara jitu yang perlu diketahui saat memilih DVD player portable agar mendapatkan produk yang berkualitas.

  • Perhatikan media yang mendukung

Tak semua mesin dapat membaca format CD/DVD, sehingga Anda harus memilih dengan cermat CD/DVD yang didukung oleh DVD player Anda. Beberapa format CD/DVD adalah sebagai berikut.

  • CD (Write Once) : CD-R
  • CD (Repeat Write) : CD-RW
  • DVD (Write Once) : DVD-R/DVD+R/DVD-R DL/DVD+R DL
  • DVD (Repeat Write) : DVD-R/DVD+R/DVD-R DL/DVD+R DL
  • Petimbangkan daya tahan baterai

Karena fungsinya yang sering digunakan di luar ruangan, baterai adalah hal utama yang harus Anda pertimbangkan. Semakin besar kapasitas baterai, maka semakin lama Anda bisa menggunakannya.

  • Pilihlah berdasarkan ukuran layar, jumlah pixel dan kecerahan

Umumnya, DVD player portable menggunakan layar ukuran 7 – 10 inci. Jika tujuan pemakaian Anda adalah untuk kegiatan luar ruangan atau bepergian, layar yang relatif kecil ukuran 7 – 9 inci adalah pilihan terbaik. Selain tidak memenuhi tas, produk ini umumnya juga lebih ringan dibawa.

  • Adakah fitur region free

Apabila DVD player Anda memiliki fitur region free, Anda dapat memutar semua kaset tanpa perlu memerhatikan region code-nya. Region code sendiri merupakan sebuah kode yang tertanam pada sebuah DVD sesuai dengan kode negaranya. Misalnya region code untuk wilayah negara di Asia Tenggara adalah “3”.

  • Apakah mendukung CPRM (Content Protection for Recordable Media)

CPRM adalah sebuah format file dari rekaman acara saluran televisi yang direkam menggunakan alat digital. Jika DVD player Anda kompatibel dengan format CPRM ini, maka Anda tidak akan pernah kelewatan acara TV kesukaan Anda.

Hal yang harus diketahui sebelum membeli DVD player portable

Bagi Anda yang ingin membeli DVD player dengan harga yang relatif murah, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Yang pertama, kualitas biasanya berbanding lurus dengan merek yang terkenal. Jadi, jangan ragu untuk membeli merek terkenal karena kualitasnya sudah pasti terjamin bagus. Yang kedua, jangan terpengaruh dengan harga yang amat murah apalagi dari merek yang kurang terkenal. Hindari membeli merek seperti ini karena tidak akan tahan lama. Terakhir, pastikan DVD player portable yang Anda beli memiliki kartu garansi resmi.  Hal ini menjamin kualitas pelayanan, seperti penggantian produk jika mengalami kerusakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *