Kipas merupakan peralatan elektronik dalam rumah tangga yang berfungsi untuk memberikan udara yang sejuk dan menyegarkan bagi kita. Sistem kerja dari kipas yang selalu melakukan perputaran pada baling-baling, terkadang akan membuat debu dan kotoran disekitar tempat kipas berada menempel pada baling-baling tersebut, sehingga akan mengganggu sistem kerja dari kipas menjadi lebih berat. Jika debu dan kotoran yang menempel pada kipas ini tidak segera dibersihkan, maka kerja dari motor yang memutar baling-baling pun akan semakin berat. Kerja dari motor kipas yang berat inilah, yang nantinya akan dapat menimbulkan kendala pada mesin kipas tersebut. Oleh karenanya akan dianjurkan bagi Anda untuk selalu membersihkan kipas angin secara berkala dengan cara yang tepat.

Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Tepat 

Untuk dapat membersihkan kipas listrik dari kotoran dan debu yang menempel secara keseluruhan, kita haruslah mengerti cara dan teknik yang benar, agar nantinya tidak merusak setiap panel yang terdapat didalam kipas tersebut dan tidak membahayakan diri Anda ketika membersihkan kipas tersebut. Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika melakukan pembersihan pada kipas adalah memastikan kipas dalam kondisi yang tidak terhubung dengan arus listrik dan posisi kipas tidak sedang digunakan, sehingga mesin pada kipas pun tidak akan terasa panas.

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan dan Anda lakukan ketika melakukan pembersihan kipas angin, antara lain adalah:

  • Siapkanlah peralatan untuk membuka kipas pada bagian baling-baling, alat utama untuk membuka kipas ini adalah obeng plus dan minus.
  • Bersihkan terlebih dahulu bagian penutup baling-baling yang telah Anda bukan dari debu, dengan menggunakan kuas kering, agar debu yang menempel hilang.
  • Bukalah bagian penutup baling-baling, dan lepaskan baling-baling dari panel motor kipas, lalu bersihkan pula baling-baling tersebut dengan menggunakan kuas.
  • Bersihkan bagian penutup kipas yang berada dibelakang baling-baling dengan menggunakan kuas.
  • Bersihkan panel tempat baling-baling diletakkan dengan menggunakan kanebo yang sedikit basah, kemudian lap lah menggunakan bagian kanebo yang kering.

Bersihkan bagian penyangga pada kipas secara menyeluruh dengan menggunakan kain microfiber yang sedikit basah ataupun lembab, kemudian keringkan kembali dengan menggunakan kain yang kering. Jangan lupakan bagian panel tombol pada kipas untuk dibersihkan, karena bagian inilah yang akan langsung bersentuhan dengan tangan kita. Bersihkan bagian tombol kipas dengan menggunakan kuas terlebih dahulu, kemudian bersihkan kembali dengan menggunakan lap kain microfiber. 

Jika pada bagian dalam mesin kipas angin mengalami kemacetan ataupun putaran kipas menjadi lebih berat, maka Anda pun harus membersihkan bagian ini. Namun untuk membersihkan bagian ini, Anda haruslah membuka terlebih dahulu bagian penutup mesin, baru Anda dapat membersihkan bagian ini, untuk bagian motor sendiri biasanya akan dapat dilepas, namun jika Anda tidak memahami cara melepaskannya, maka bawalah kipas tersebut pada ahlinya untuk mendapatkan perawatan berkala.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *