Kulkas merupakan salah satu barang elektronik rumah tangga, yang memang kini telah banyak dimiliki oleh hampir setiap rumah tangga di Indonesia. Fungsinya sebagai alat pendingin, selain dapat membekukan ataupun membuat dingin bahan makanan atau minuman, perabot rumah tangga yang satu ini, juga dapat digunakan sebagai media untuk mengawetkan bahan makanan, oleh karenanya perabotan ini kini menjadi salah satu barang wajib yang harus dimiliki dalam setiap rumah tangga. Namun tahukah Anda bahwa untuk membersihkan perabotan ini, kita haruslah menggunakan cara yang tepat, agar nantinya lemari es tidak hanya dapat terjaga kehigienisannya, namun juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak hanya pada bagian luarnya saja, kulkas bagian dalam pun perlu untuk dibersihkan, agar nantinya dapat menyimpan berbagai jenis makanan dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak berbau karena kulkas dalam kondisi yang higienis. Jika pada bagian luar kita dapat membersihkan kulkas dengan menggunakan kain lembut seperti kain microfiber yang sedikit basah, kemudian mengelapkannya pada bagian luar kulkas tersebut, maka untuk bagian dalam kulkas, akan memiliki perlakuan yang berbeda dalam membersihkannya.

Berikut ini beberapa cara yang mungkin dapat Anda lakukan untuk melakukan perawatan dan pembersihan bagian dalam dari lemari es, yang antara lain adalah:

  • Persiapkanlah cairan pembersih yang dalam hal ini lebih disarankan bagi Anda untuk menggunakan sabun cuci piring yang aman.
  • Keluarkan semua makanan yang ada dalam kulkas sebelum melakukan pembersihan lemari pendingin tersebut, untuk menjaga keamanan dari bahan makanan tersebut serta Anda leluasa dalam membersihkan lemari pendingin tersebut.
  • Keluarkan semua bagian dalam kulkas yang dapat dilepaskan seperti rak ataupun laci pada kulkas, kemudian cuci bagian tersebut dengan merendamnya terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat yang telah diberikan sabun cuci piring. Lap dan bersihkan bagian tersebut, kemudian keringkan.
  • Bersihkan bagian dalam dari kulkas dengan menggunakan busa ataupun kain microfiber yang telah dibasahi dengan menggunakan air hangat dan sabun cair.

Baca Juga:Lemari Es Dua Pintu Samsung Terbaru 2016

Jika treatment tersebut telah Anda lakukan, maka keringkan bagian dalam yang telah Anda bersihkan tersebut, dengan menggunakan akin lembut lainnya, hingga benar-benar bersih dan kering. Masukkan kembali bagian-bagian dalam kulkas yang dapat dilepaskan pada posisi semula, dan sampai pada tahapan ini Anda telah melakukan pembersihan bagian dalam kulkas secara utuh.

Yang perlu Anda perhatikan dengan seksama dalam membersihkan lemari es tersebut adalah Anda harus memastikan bahwa ketika Anda membersihkan perlengkapan elektronik tersebut, tidak terdapat sambungan arus listrik didalamnya. Selain untuk mencegah adanya hubungan arus pendek ketika Anda membersihkan kulkas, Anda juga akan dapat terhindar dari sengatan listrik yang mungkin saja terjadi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *