Dalam sebuah dapur, tentunya alat penghalus berbagai makanan ini sering kali digunakan oleh para ibu rumah tangga, entah untuk menghaluskan berbagai bumbu dapur ataupun membuat minuman dengan bahan dasar buah-buahan. Alat yang biasa disebut dengan blender ini memang memiliki fungsi yang cukup signifikan dalam kehidupan dapur rumah tangga seorang ibu. Namun tahukah Anda bahwa alat penghalus berbagai bahan makanan ini, juga memerlukan perawatan khusus, agar nantinya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dengan lancar dan tanpa kendala. Bagi Anda para ibu rumah tangga yang memang terbiasa menggunakan alat penghalus makanan ini dalam dapur Anda, berikut ini sedikit bahasan mengenai cara membersihkan dan merawat alat tersebut.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam perawatan alat penghalus makanan ini adalah cara membersihkan alat tersebut. Pastikan bahwa ketika telah selesai menggunakan alat ini, Anda membersihkan tabung penghalus yang telah Anda gunakan dengan cara memasukkan air sebanyak seperempat tabung dan putar kembali mesin alat tersebut. Setelah itu lepaskan tabung dari mesin dan silahkan mencucinya menggunakan sabun khusus pencuci, dengan menggunakan air mengalir. Tabung yang tidak segera dicuci setelah digunakan, akan mengakibatkan bau tidak sedap dan memungkinkan berbagai kuman menempel pada tabung tersebut. Setelah alat penghalus makanan tersebut benar-benar bersih, maka biarkan hingga kering atau Anda dapat mengelapnya hingga kering, sebelum kemudian menyimpannya pada tempat yang kering, bersih dan tidak lembab.

Untuk tips perawatan blender sendiri, berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait dengan penggunaan alat tersebut, yang antara lain adalah

  • Ketika menggunakan alat penghalus makanan tersebut, akan disarankan bagi Anda, untuk tidak mengisinya secara penuh pada bagian tabung, namun cukup ¼ ataupun ½ tabung saja, karena tabung yang terlalu penuh, akan menyebabkan mesin cepat panas ketika bekerja.
  • Potong bahan makanan Anda sebelum memasukkan pada tabung alat penghalus makanan tersebut, agar kerja mesin tersebut tidak terlalu berat.

Ketika menggunakan alat penghalus makanan ini, Anda juga akan sangat disarankan untuk menggunakannya tidak melebihi batas maksimal waktu yang disarankan untuk menghidupkan mesin. Pada umumnya banyak ibu rumah tangga yang ingin cepat memperoleh hasil lembut pada makanan yang diolahnya, sehingga terus menghidupkan mesin, tanpa memperhatikan batas waktu maksimal penggunaannya. Gunakan alat penghalus makanan ini tidak lebih dari 15 – 30 menit tergantung merek alat yang Anda gunakan.

Agar blender yang Anda gunakan dapat bertahan lebih lama, maka pastikan Anda mencabut steker dari mesin penghalus makanan tersebut setelah menggunakannya. Steker listrik yang terus tersambung, dapat menyebabkan terjadinya konsleting ataupun pemanasan pada mesin, sehingga mesin akan terus bekerja dan dapat mengakibatkan kerusakan pada alat tersebut. Gunakan dan rawatlah mesin penghalus makanan Anda dengan benar, agar nantinya dapat terus digunakan dengan optimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *