Memasak saat ini memang semakin mudah karena banyak peralatan dapur yang praktis. Food Steamer adalah salah satu  contohnya. Bisa memasak makanan dengan cepat lewat proses mengukus yang elektrik, nutrisi dan aroma pun tetap terjaga. Lalu, bagaimana cara kerjanya? Serta apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Cara Memilih Food Steamer Berkualitas

Cara Kerja

Cara kerja Food Steamer hampir sama dengan dandang dan panci kukus. Bedanya, alat ini menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Alat ini bekerja dengan uap panas yang berasal dari air mendidih pada wadah air, yang menyatu dengan tombol timer. Umumnya memiliki 3 layer , yang mana makanan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dikukus diletakkan di layer paling bawah. Waktu masak yang dibutuhkan setiap makanan biasanya sudah tertera di buku petunjuk penggunaan. Jika sudah matang, lampu indicator waktu akan otomatis mati.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan:

  • Rasa dan aroma makanan tidak tercampur. Bila ada 2 jenis makanan dengan rentang waktu memasaknya tidak terlalu jauh, bisa digabungkan dalam satu layer yang sama. Namun Anda tidak perlu khawatir, teknologinya mampu mencegah rasa dan aroma makanan tidak saling bercampur.
  • Bebas minyak. Memasak dengan mengukus akan membuat makanan bebas dari minyak. Makanan dibuat matang dengan uap panas dari air mendidih di bawahnya. Makanan kukus ini sangat baik bagi penderita riwayat kolestrol atau dalam program diet.

Kekurangan:

  • Daya listrik tinggi. Daya listrik yang dibutuhkan food steamer bisa mencapai 900 watt. Hal ini mungkin akan membebani tagihan listrik Anda.
  • Harga mahal. Selain daya listriknya tinggi, harga peralatan ini terbilang cukup mahal. Per unitnya di banderol Rp 500,000.- hingga Rp 4,000,000.-. Variasi harga ini ditentukan oleh merek dan bahan pembuatnya.

Cara Memilih Food Steamer Berkualitas

  • Pilih berat dan ukuran yang sesuai

Berat dan ukuran perlu Anda perhatikan karena akan berpengaruh terhadap tempat penyimpanan dan tempat ketika Anda menggunakannya. Apabila ukurannya terlalu besar dan berat, maka tentu akan kesulitan saat digunakan.

  • Pilihlah yang mudah dibersihkan

Faktor kemudahan saat dibersihkan menjadi sangat penting, terutama jika penggunaannya setiap hari. Pilihlah produk yang dapat dibuka dan dibersihkan dengan mudah.

  • Periksa kegunaan dan fungsi yang tertera pada produk

Beberapa fungsi pada food steamer yang wajib kita ketahui diantaranya adalah timer. Fungsi ini dapat diatur hingga 60 menit. Fungsi lain yang mendukung adalah kemudahan dalam menambahkan air sewaktu mengukus. Bagi Anda yang sering mengukus dalam waktu lama, sebaiknya periksa ketersediaan air secara berkala, apakah masih cukup untuk menjalankannya atau perlu tambahan. Variasi tambahan lainnya biasanya berupa tempat khusus telur untuk membuat telur kukus atau adanya koleksi resep yang dapat disediakan saat membelinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *