Lampu rasanya menjadi salah satu komponen yang cukup penting dalam melengkapi hunian. Dengan adanya benda ini tentu akan membuat suasana rumah menjadi terang dan nyaman ditempati. Seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak sekali jenis–jenis bohlam yang beredar di pasaran. Mulai dari bentuk, ukuran, watt, teknologi, dan lainnya. Tentu saja hal ini terkadang membingungkan beberapa orang dalam memilih sumber pencahayaan yang tepat untuk rumah. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih pencahayaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan rumah? Berikut ini penjelasannya.

Cara Memilih Lampu yang Tepat Sesuai Dengan Kebutuhan Hunian

Kenali Dahulu Jenis Lampu yang Bisa Digunakan

Saat ini ada 3 jenis lampu yang sering digunakan, yaitu  TL (Fluorescent Lamp), LED (Light Emtting Diode) serta halogen.TL atau yang dikenal dengan Pendar, termasuk jenis  yang banyak digunakan dan harganya ekonomis. TL ini menggunakan gas NEON serta lapisan Fluorescent yang menjadi pemencar cahaya ketika dialiri arus listrik. Sehingga hanya dibutuhkan sedikit waktu agar dapat bercahaya sempurna.

Sedangkan LED, dapat dikatakan sebagai jenis pencahayaan yang hemat energinya mencapai 90%. Usia penggunaannya juga cukup panjang mencapai 25 tahun. Tak heran mengapa jika LED cukup mahal di pasaran dibandingkan jenis lainnya. Namun meskipun begitu jenis LED harus sering dirawat agar tetap awet dan tahan lama digunakan.

Dan untuk halogen, cara kerjanya sama seperti lampu pijar dengan menggunakan filament. Sehingga membuat kualitas dan warna cahaya hampir sama. Namun karena harganya yang cukup mahal, biasanya hanya dijadikan sebagai dekorasi ruangan.

Cara Memilih Lampu Dengan Watt (Daya) yang Tepat

Bagi anda yang belum tahu, watt merupakan jumlah energi yang digunakan sebuah barang elektronik. Jika anda menggunakan yang memiliki watt rendah, maka tentu saja akan menghasilkan cahaya yang tidak seterang jika dibandingkan dengan watt yang tinggi. lalu bagaimana memastikan jika ruangan rumah anda sudah menggunakan pencahayaan yang sesuai dengan tepat sehingga pencahayaannya dapat maksimal? Anda bisa mengetahui tips di bawah ini.

 

  • Ketahui Standar Pencahayaan Dalam Setiap Ruangan

 

Anda harus mengetahui terlebih dahulu standar dari pencahayaan dalam setiap ruangan. Misalnya saja pencahayaan pada teras rumah dan kamar tidur jelaslah berbeda. Sehingga standar pencahayaan ini wajib untuk anda ketahui.

 

  • Hitung Kebutuhan Watt Dalam Setiap Ruangan

 

Setelah mengetahui standar pencahayaan, anda bisa menghitung kebutuhan watt serta jumlah bohlam. Untuk menghitungnya, anda bisa menggunakan Rumus di bawah ini:

N = E x L x W / Ø x LLF x Cu x n

Dengan penggunaan rumus tersebut nantinya anda bisa mendapatkan pencahayaan yang memang sesuai dengan kebutuhan ruangan anda, sehingga nantinya ruangan anda bisa mendapatkan pencahayaan maksimal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *