Kegiatan yang padat seringkali membuat kita tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci. Untuk mengatasi masalah ini, banyak ibu-ibu rumah tangga yang lebih memilih untuk membeli mesin cuci sebagai alat bantu agar kegiatan mencuci dapat cepat selesai. Memilih peralatan elektronik ini pun juga tidak bisa dilakukan dengan tanpa pertimbangan. Banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti konsumsi listrik, cara kerja, dan lain-lain.

Cara Memilih Mesin Cuci yang Ideal untuk Keperluan Sehari-Hari

Jenis mesin cuci

Sebagai pengetahuan umum, berikut adalah jenis-jenis mesin cuci yang harus Anda ketahui.

  • Dua tabung. Jenis ini memiliki dua tabung yang masing-masing tabung memiliki fungsi tersendiri. Tabung sebelah kiri umumnya berfungsi untuk mencuci, sedangkan yang kanan untuk mengeringkan.
  • Satu tabung. Jenis ini membuat Anda bisa melakukan proses cuci dan pengeringan dalam tabung yang sama.

Selain itu, ada pula fitur mesin cuci yang harus Anda tahu, yakni.

  • Front loading. Fitur ini mampu mengeringkan pakaian dengan hemat air serta tidak membuat pakaian kusut. Biasanya digunakan pada pakaian yang tidak terlalu kotor.
  • Top loading. Jenis ini adalah kebalikan dari front loading. Yakni hasil pengeringannya tampak lebih kusut. Namun, kelebihannya adalah daya cuci yang tinggi untuk baju-bau kotor.

Cara memilih mesin cuci ideal

Hampir semua keluaran terbaru, semua produk menawarkan beragam fitur menarik yang sangat bagus. Namun, pertanyaannya apakah bagus saja cukup? Jika Anda masih ragu-ragu dalam memilih merek mana yang akan cocok untuk keperluan Anda. Berikut adalah cara memilih mesin cuci yang bisa Anda jadikan panduan.

 

  • Pertimbangkan pemakaian listrik dan air

 

Saat memilih, terlebih dahulu tanyakan bagaimana penggunaan listrik dan airnya. Jika Anda tidak memperhatikan hal yang satu ini, bukan tidak mungkin pengeluaran untuk pembayaran listrik Anda bisa saja membengkak. Jenis Top loading mungkin adalah contoh yang mengkonsumsi banyak listrik dibanding front loading. Untuk konsumsi air sendiri, front loading juga sangat hemat.

  • Kapasitas sesuai

Faktor ini menjadi penentu cepat tidaknya pekerjaan mencuci Anda selesai. Setiap orang tentu membutuhkan kapasitas yang berbeda-beda. Jika jumlah keluarga banyak, mungkin Anda bisa memilih mesin cuci berkapasitas besar. Hal ini tergantung berapa banyak Anda biasanya mencuci.

 

  • Harga terjangkau

 

Untuk menentukan harga yang sesuai, Anda bisa mematok budget di kisaran 2 juta untuk mendapatkan kualitas standar untuk penggunaan yang standar juga. Untuk jenis front loading umumnya memiliki harga yang relatif lebih mahal, yakni berkisar 5 juta ke atas. Namun harga mahal ini sebanding dengan kualitas yang diberikan. Pakaian tidak akan kusut, sehingga tidak terlalu memakan waktu saat menyetrika. Sedangkan untuk jenis top loading, Anda bisa memilih beberapa referensi dari merek Sharp yang berkisar di angka 2 hingga 3 jutaan rupiah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *