Bagi Anda yang biasanya tidak ingin repot merebus air untuk minum, pasti memiliki water dispenser di rumah. Menggunakan air galon biasanya lebih mudah dan menghemat waktu kerja. Ada dua jenis dispenser yang baisanya sering digunakan di rumah-rumah, yaitu yang hanya terdiri dari keramik dan keran kemudian ada yang memakai listrik sehingga dapat mengeluarkan dua macam air yaitu panas dan dingin.

Cara Merawat Dispenser Air Minum yang Benar

Cara Merawat Dispenser Air Minum yang Benar

Bagi Anda yang menggunakan dispenser keramik, tak jarang air yang diminum terdapat kotoran. Hal tersebut biasanya karena keran yang digunakan jarang dibersihkan sehingga banyak lumut yang tumbuh. Oleh karena itu, sering-seringlah membersihkan secara teratur keran air tersebut agar tidak ada kotoran dan lumut yang menempel.

Sedangkan untuk perawatan dispenser listrik harus lebih benar-benar Anda perhatikan, bahkan saat benda tersebut baru dibeli dan tiba di rumah Anda. Saat alat tersebut sampai di rumah, jangan langsung terlebih dahulu mengoperasikannya karena kemungkinan oli yang terdapat pada kompresor belum stabil akibat guncangan dalam perjalanan dari toko ke rumah. Sehingga diamkan dulu selama dua hingga empat jam.

Baca Juga : Mengulas Beragam Manfaat Servis Kulkas dan Mengintip Prospek Usaha Service Elektronik

Cara yang Benar dalam Memindahkan Dispenser Air Minum

Kemudian tips yang berikutnya adalah, apabila ingin memindahkan dispenser maka harus dengan posisi yang tegak. Jika membawanya dengan posisi yang miring maka apalagi hingga dibawa dengan keadaan ditidurkan maka akan berakibat buruk. Apabila dibawa dengan posisi miring maka oli yang ada dalam kompresor tersebut akan naik dan mengakibatkan air menjadi hangat dan tidak dingin. Kemiringan yang masih dapat ditolerir saat membawa alat ini hanya 45 derajat saja.

Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Jauhkan dispenser dari panas matahari langsung karena hal itu dapat merusak kualitas air galon serta dapat memengaruhi kinerja alat tersebut akibat panas yang diserap langsung. Apabila air galon sudah tinggal setinggi leher galon maka segera matikan listriknya agar tidak terjadi korsleting. Sebaiknya air tersebut segera dihabiskan dan gantilah dengan yang baru. Jangan sampai air galon yang digunakan mengendap dengan ukuran yang tinggal sedikit karena hal tersebut akan merusak alat tersebut secara berkala.

Tips untuk Membersihkan Dispenser Air Minum

Dalam tenggang waktu beberapa minggu, hendaknya dispenser air minum harus dibersihkan agar terhindar dari kotoran yang menempel. Untuk membersihkan bagian luarnya gunakanlah lap basah, sedangkan pada bagian dalamnya Anda bisa mencampurkan cuka ke dalam sisa air yang masih ada, kemudian diamkan dalam beberapa menit. Setelah itu keluarkanlah air cuka melalui keran. Untuk menghilangkan bau cuka tadi, isi dengan air bersih kemudian keluarkan lagi melalui keran, lakukan hal tersebut hingga aroma cuka benar-benar tidak terasa.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *