Kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang ada hampir di setiap rumah. Dengan kehadirannya, makanan dan minuman kita akan tetap segar dan awet. Namun, padatnya kegiatan kita sehari-hari kadang-kadang membuat kita melupakan banyak hal, termasuk merawat kulkas.

Merawat kulkas sangat penting dilakukan karena dengan ini kita dapat menghemat biaya perbaikan dan kulkas yang kita miliki bisa awet. Memilih kulkas terbaik pun rasanya percuma saja jika Anda tidak merawatnya.

Dengan status sebagai perlengkapan elektronik rumah tangga termahal kedua setelah AC, sudah sepatutnya kita selalu menjaganya agar tetap dalam kondisi baik, dingin maksimal dan tahan lama. Berikut ini 7 cara merawat kulkas agar awet dan tidak bau.

  • Jangan membuka kulkas terlalu lama

Ini bertujuan agar udara dingin dari dalam kulkas tak banyak berhembus keluar. Apabila terlalu banyak yang keluar, suhu kulkas akan kembali menghangat sehingga mesin pendingin kulkas pun akan bekerja lebih keras. Alhasil, kulkas akan berisiko cepat rusak.

  • Jangan mengisi kulkas secara berlebihan

Bila Anda mengisi kulkas dengan terlalu banyak makanan dan minuman, kulkas akan bekerja lebih keras. Di samping itu, ini dapat membuat kulkas mengeluarkan aroma tak sedap.

  • Hindarkan kulkas dari sinar matahari langsung dan benda panas

Anda juga sebaiknya tidak memasukan makanan atau minuman yang masih panas. Sebaiknya Anda menunggu sampai makanan menjadi dingin atau agak dingin.

  • Atur temperatur kulkas sesuai kebutuhan

Suhu kulkas yang terlalu dingin akan membuat mesin bekerja ekstra keras dan akan menambah biaya listrik. Jadi, sebaiknya Anda mengatur suhu kulkas agar tidak terlalu dingin.

  • Jangan menggunakan benda keras atau tajam sewaktu membersihkan kembang es

Untuk membersihkan kembang es yang menempel caranya cukup mematikan kulkas, buka pintu kulkas hingga es yang menempel mencair sampai habis.

  • Jangan menempelkan kulkas dengan dinding

Berilah jarak sekitar 20 cm antara kulkas dengan dinding agar udara panas dari mesin kulkas bisa keluar dengan sempurna.

  • Bersihkan secara rutin

Bersihkanlah bagian kondensornya. Biasanya banyak sekali debu yang menempel pada bagian ini. Debu ini dapat menghambat kinerja mesin kulkas. Bersihkan pula secara berkala bagian dalam kulkas agar tidak mengeluarkan bau tak sedap. Namun bila baunya tidak kunjung hilang, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur untuk membersihkannya:

  • Cuka

Cuka dapat menghilangkan kotoran dan mencegah pertumbuhan jamur. Teteskan cuka pada kain, lalu gosokkan pada permukaan dinding dalam dan luar kulkas.

  • Jus tomat

Tuangkan jus tomat ke lap bersih, kemudian gosokkan pada permukaan kulkas. Setelah itu, bilas dengan air hangat agar permukaan kulkas tidak lengket.

  • Lemon

Cukup peras lemon, lalu tuangkan airnya ke wadah kecil, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga wangi segar lemon menyebar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *