Karena kepraktisannnya, mesin cuci top loading banyak digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Namun, bila tidak dirawat dengan hati-hati, mesin cuci ini tidak akan tahan lama. Oleh karena itu Anda harus melakukan perawatan rutin. Jangan khawatir, merawat mesin cuci ini terbilang tidak susah.

Berikut ini adalah cara-cara gampang untuk merawat mesin cuci Anda.

  • Pasangkan alas untuk mesin cuci

Pemilihan tempat yang tepat menjadi hal pertama yang harus diperhatikan dalam merawat mesin cuci. Kebanyakan orang meletakkan mesin cuci di tempat yang cenderung basah, seperti kamar mandi dan ruang mencuci. Perlu diingat bahwa kondisi lingkungan yang basah bisa merusak mesin cuci Anda, apalagi bila rumah Anda sering dilanda banjir. Agar ini tidak terjadi, usahakan untuk menempatkan mesin cuci Anda di tempat yang aman dan kering. Bila tempatnya sedikit basah dan lembap, gunakan alas agar mesin cuci Anda tidak mudah rusak.

  • Jaga kebersihan mesin cuci

Bersihkanlah bagian-bagian mesin cuci Anda agar bagian mesinnya tidak mudah rusak. Dengan memanfaatkan buku panduan, Anda bisa membersihkan bagian penting dari mesin cuci seperti stop kontak dan selang pembuangan air. Anda juga perlu rutin memeriksa bagian filter dan selang pembuangan air agar dapat segera ditangani bila terjadi kerusakan atau kebocoran.

  • Bersihkan tabung mesin cuci

Mesin cuci terbaru biasanya telah dilengkapi dengan fitur pencucian tabung otomatis. Namun jika mesin cuci Anda tidak mempunyai fitur ini, Anda bisa mencuci tabungnya secara manual. Cukup gunakan air panas, baking soda, dan cuka. Gabungkan bahan-bahan ini dan kemudian putar di mesin cuci Anda. Bahan-bahan ini mampu menghilangkan bau pada mesin cuci Anda.

Baca Juga:Cara Mudah Merawat AC Mobil

  • Gunakan detergen dan beban yang sesuai

Agar tidak meninggalkan sisa sabun atau detergen yang menempel pada mesin cuci, Anda harus menggunakan perbandingan detergen dan air yang benar. Anda juga jangan sampai memasukkan lebih banyak pakaian dari kapasitas mesin cuci tersebut. Setiap mesin cuci memiliki kapasitasnya masing-masing. Oleh karena itu Anda harus memperhatikannya dengan benar agar mesin tidak kelebihan beban dan cepat rusak.

  • Periksa filter jika masuknya air ke dalam mesin cuci melambat

Perlambatan masuknya air biasanya disebabkan oleh banyaknya kotoran pada filter. Jadi sebaiknya Anda rutin memeriksa dan membersihkan filter mesin cuci.

  • Patuhi peraturan umum penggunaan mesin cuci

Beberapa peraturan umum ini di antaranya adalah tidak membuka-tutup mesin cuci ketika digunakan, tekan tombol start jika semua pakaian dan deterjen sudah masuk ke dalam mesin cuci, jangan menyemprotkan air pada bagian kontrol panel, dan bersihkan sisa detergen setelah selesai menggunakan mesin cuci.

Bila Anda merawat mesin cuci top loading Anda dengan benar seperti langkah-langkah di atas, dapat dipastikan mesin cuci Anda bisa tahan lama.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *