Banyak orang yang berkata bahwa produk elektronik zaman sekarang beda dengan produk keluaran terdahulu, termasuk televisi. Produk sekarang mudah sekali rusak, apalagi jika bukan merek terkenal. Lalu bagaimana jika Anda ingin televisi LCD/LED Anda tidak mudah rusak? Bagaimana caranya? Sebenarnya gampang-gampang saja. Yang diperlukan hanyalah ketekunan Anda dalam merawat televisi Anda secara rutin dan hati-hati.

Berikut ini beberapa cara merawat televisi LCD/LED agar tidak mudah rusak.

Perhatikan penempatan TV LCD/LED

Televisi LCD/LED Anda sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang mendapat paparan sinar matahari langsung. Artinya, cara terbaik meletakkan televisi LCD/LED adalah di dalam ruangan yang terhindar dari sinar matahari.

Selain masalah ruangan, ada dua hal yang harus Anda perhatikan saat menempatkan televisi. Pertama, aturlah jarak antara televisi dan dinding di belakangnya sekitar 10 cm. Ini penting agar ada sisa ruang untuk sirkulasi udara sehingga televisi tidak cepat panas. Kedua, aturlah ruang antara audio dan perangkat elektronik lainnya dengan perangkat TV. Ketahuilah, benda-benda elektronik yang terlalu dekat dengan televisi LCD/LED dapat menyebabkan gangguan magnetik pada tampilan layar televisi.

Menjaga kebersihan ruangan dan perangkat

Debu merupakan musuh berat televisi LCD/LED. Debu yang menempel akan menumpuk dan  kemungkinan besar dapat menghambat sirkulasi udara sehingga televisi LCD/LED Anda akan cepat panas. Selain itu, debu bisa menimbulkan gangguan pada tampilan layar dan menurunkan kualitas warna.

Agar terhindar dari masalah di atas, cara terbaik merawat televisi ini adalah dengan menjaga kebersihan ruangan dan peralatan elektronik. Anda sebaiknya tidak menunggu sampai debu menumpuk yang akan menjadi sumber penyebab kerusakan kelistrikan dalam ruangan tempat TV LCD/LED Anda.

Gunakanlah kain lembut dan cairan khusus untuk membersihkan debu pada layar TV LCD/LED. Jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih secara langsung pada layar dan pastikan televisi dalam keadaan tidak tersambung listrik saat membersihkan layar televisi. Selain perangkat televisi itu sendiri, ruangan sekitar televisi pun harus dijaga kebersihannya.

Mengatur suhu dan kelembapan udara

Langkah sederhana untuk menjaga kestabilan suhu dan kelembapan udara di ruangan tempat televisi LCD/LED berada ini sering kali terlupakan. Sebaiknya Anda mengurangi perangkat elektronik di ruangan televisi sebab ini dapat menyebabkan peningkatan suhu pada ruangan. Bila telanjur banyak, sebaiknya Anda memasang pendingin ruangan.

Matikan TV sepenuhnya

Bila hendak dimatikan, matikanlah televisi dengan remote terlebih dahulu kemudian matikan tombol power-nya. Jangan biarkan televisi dalam keadaan stanby dalam waktu lama, apalagi jika Anda akan keluar rumah, sebab sebagian komponen masih aktif.

Jangan menutup lubang/kasa ventilasi atas

Kebanyakan orang suka menutup bagian atas televisi dengan alasan agar tidak kotor atau agar kelihatan rapi. Padahal, pabrik sengaja merancangnya seperti itu agar panas yang berada di dalam bisa keluar lewat lubang-lubang ventilasi tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *