Mendengarkan musik memang dapat memberikan kesenangan sendiri, terutama jika Anda memang seorang yang sangat menyukai musik hingga belajar untuk memainkan berbagai jenis alat yang tersedia. Di Indonesia, memang ada banyak sekali alat musik yang diperjualbelikan, mulai dari yang tradisional hingga ke yang modern. Salah satunya adalah gitar elektrik yang saat ini sedang diminati oleh kaum muda di Indonesia. Zaman dulu, gitar tidak memakai daya listrik untuk dapat mengeluarkan suara indah, namun hanya bermodalkan senar yang disetel dengan sedemikian rupa. Sekarang alat musik tersebut dibuat dengan menggunakan daya listrik agar bisa menghasilkan suara yang lebih kencang serta mampu menghasilkan suara gitar yang lebih unik dan dapat Anda setel sesuai dengan keinginan. Memang harga dari alat musik tersebut tidaklah murah dan relatif mahal. Oleh karena itu, jika Anda memilikinya, maka Anda haus menjaga dan merawatnya dengan baik. Merawatnya tidaklah susah, Anda hanya perlu menerapkan beberapa hal di bawah ini:

Cara Mudah Merawat Gitar Elektrik Agar Memiliki Performa yang Selalu Baik

  • Badan Gitar

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar gitar tersebut memiliki performa yang selalu baik serta dapat Anda gunakan untuk waktu yang lama adalah dengan selalu rajin untuk membersihkan bagian luar badan gitar. Setelah Anda pakai, selalu ingat untuk dibersihkan agar kotoran yang menempel, seperti keringat dan juga debu hilang. Gunakan kain lap dengan tekstur lembut, jika perlu, gunakan juga cairan khusus untuk membersihkan alat musik tersebut. Hal ini pastinya akan membuat tampilannya semakin berkharisma dan elegan. 

  • Bagian Logam

Pada gitar elektrik, pastinya terdapat beberapa bagian khusus yang terbuat dari bahan logam. Misalnya, seperti bagian dryer, baut-bautnya, putaran turing, dan bagian lainnya yang terbuat dari bahan logam. Anda harus sering memperhatikan berbagai komponen tersebut dengan selalu membersihkannya menggunakan minyak goreng agar lebih bersih dan juga membuat bagian tersebut lebih terlihat berkilau dan tidak cepat karatan. Jika perlu, poleskan juga cairan anti karat pada bagian tersebut. 

  • Senar

Komponen terpenting dalam sebuah gitar adalah senarnya, begitu pula dengan alat music jenis ini. Hal tersebut dikarenakan senar merupakan komponen pembuat suara pada alat tersebut. Jika Anda berencana untuk tidak memakai alat music tersebut dalam waktu yang lama, Anda bisa melepas senarnya terlebih dahulu agar kualitasnya tidak menurun dan akan tetap bagus ketika dipasang dan dimainkan kembali.

  • Penyimpanan

Hal terakhir yang harus Anda lakukan agar performa dari gitar elektrik Anda selalu baik, maka Anda harus menyimpannya dengan baik. Jika memiliki tas gitar, simpanlah di dalamnya. Jika tidak, Anda bisa menyimpannya pada suatu tempat dimana tidak dapat terkena sinar matahari secara langsung. Sinar tersebut nyatanya dapat membuat kualitas gitar tersebut semakin menurun dan juga membuat catnya menjadi lebih mudah mengelupas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *