Kondisi tropis di negara Indonesia tentu sudah jadi kondisi yang amat akrab untuk seluruh masyarakatnya. Karena secara umum mayoritas wilayah Indonesia beriklim panas, maka tak heran jika pendingin udara adalah salah satu barang yang banyak dicari. AC dan kipas angin adalah dua benda yang amat akrab dan hampir selalu ada di rumah-rumah. Selain itu ada juga satu perangkat pendingin udara dimana termasuk jenis kipas angin namun fungsinya bisa menyaring udara ruangan sehingga bisa menjadikan suhu dalam ruangan jadi lembab dan stabil yakni exhausted fan.

Exhaust fan ini bisa jadi alternatif untuk menggantikan AC atau kipas angin yang Anda pergunakan. Berbeda dengan kipas angin yang hanya memutarkan udara dan AC yang hanya mendinginkan ruangan, exhaust fan ini punya beberapa fungsi seperti bisa menguras udara dan bau sehingga menjadikan udara segar bisa masuk, serta bisa menguras udara lembab agar pengering udara bisa masuk. Karena fungsinya ini, maka exhaust fan bisa dipakai baik di tempat tertutup maupun terbuka.

Bagi Anda yang kini sedang mencari exhaust fan, maka berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

  • Hemat energi

Listrik tentu menjadi biaya bulanan yang kerapkali amat menguras kantong. Tak heran jika penghematan listrik sudah seharusnya dilakukan di berbagai lini alat elektronik. Jadi, jika Anda ingin membeli exhaust fan, maka pastikan jika exhaust fan yang dipilih adalah hemat energi. Dengan cara demikian, maka biaya listrik yang bengkak tiap bulannya akan bisa diminimalisir.

  • Sesuaikan ukurannya

Saat ini exhausted fan sudah tersedia mulai dari ukuran kecil hingga besar. Pada dasarnya untuk ukuran ini fleksibel saja tergantung Anda ingin menempatkannya dimana sehingga cukup bisa disesuaikan. Namun perlu diketahui juga jika kian besar ukuran exhaust fan, maka kian besar juga daya listrik yang dibutuhkannya.

Baca Juga:Berbagai Tips Membeli Kipas Exhausted yang Bisa Dipasang Pada Ruangan yang Tertutup

  • Sesuaikan volume kebisingannya

Memang exhaust fan punya kelemahan salah satunya adalah dengan suara yang dikeluarkannya sehingga kadang membuat ruangan jadi bising. Hal ini tentu akan menjadikan kenyamanan di rumah jadi berkurang. Untuk itu usahakan memilih exhaust fan dengan tingkat kebisingan rendah dimana bisa dilakukan dengan mengukur sones di exhaust fan Anda.

  • Sirkulasi udara baik

Saluran yang ada di exhaust fan menjadi parameter penting dimana akan mempengaruhi kinerja yang ada di exhaust fan. Saluran yang berdiameter lebih besar dan sedikit tikungan lebih baik jika dibanding dengan yang berukuran lebih kecil karena tekanan udaranya.

Sebelum meminang salah satu exhausted fan yang Anda pilih, ada baiknya Anda mencobanya lebih dulu dengan dilakukan tes ketika masih ada di toko. Dengan begitu Anda bisa setidaknya tahu apakah exhaust fan yang dipilih itu sesuai atau tidaknya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *