Perlengkapan elektronik di dapur sudah seperti senjata rahasia bagi para ibu rumah tangga yang cekatan dan hands on dalam menyiapkan makanan di rumah. Blender adalah salah satu produk yang banyak guna dalam mengerjakan keperluan memasak harian ini. Alat ini dapat digunakan untuk menghaluskan makanan dan membuat aneka jus buah. Saat memilihnya pun bukan hanya harus bijak sesuai dengan fungsinya, namun juga kebutuhan.

Cara Terbaik Memilih Blender Berkualitas

Mencari Perbedaan Blender dengan Peralatan Sejenis Lainnya

Blender memiliki kesamaan dengan beberapa peralatan lainnya, seperti juicer, dan food processor. Alat-alat tersebut sebetulnya memiliki tujuan penggunaan yang berbeda, meskipun tampak mirip. Food processor sendiri adalah alat untuk memotong makanan dengan pisau yang cukup besar. Alat ini biasanya digunakan untuk menggiling daging dan sayuran. Sementara juicer adalah alat untuk melumat makanan, bukan memotong.

Cara Terbaik Memilih Blender

  • Pilih berdasarkan bentuk mata pisau

Ada 2 tipe mata pisau pada blender, yakni wave blade cutter dan flat blade. Wave blade cutter coco untuk menghancurkan makanan keras seperti es, kacang, dan lain-lain. Kekuatan menghancurkan dan adukan yang kuat membuat tipe ini cocok untuk membuat adonan. Sedangkan tipe flat blade cutter cocok digunakan untuk memotong tumbuhan dan mengaduk daging giling. Mata pisaunya dapat dicabut dan diasah seperti pisau biasa.

  • Mudah dibersihkan

Tipe blender yang dapat dilepas mata pisaunya lebih mudah dibersihkan. Hal ini dapat mencegah tangan terluka saat mencoba membersihkan bagian lebih pisau.

  • Daya listrik yang digunakan

Untuk mendapatkan hasil dengan tekstur lembut yang maksimal, blender dengan kekuatan memotong tinggi adalah solusinya. Daya putarnya bisa dilihat dari banyaknya daya listrik yang dibutuhkan, jadi pastikanlah Anda mengeceknya sebelum membeli. Umumnya yang digunakan adalah berkisar 180 – 900 watt, dimana semakin besar daya listriknya berarti semakin besar juga kemampuan memotongnya.

  • Perhatikan kapasitasnya

Salah satu poin penting dalam memilih peralatan dapur ini adalah volume isi yang dapat ditampung dalam satu kali proses pengoperasian. Kapasitas yang besar akan lebih memudahkan Anda saat membuat jus untuk seluruh anggota keluarga. Sebagai patokan, standar untuk satu orang adalah 200 ml. Jadi, apabila memiliki anggota keluarga yang banyak, kapasitas 1 liter adalah yang Anda butuhkan.

  • Memastikan ada tidaknya fungsi pengaman

Pisau yang terdapat pada peralatan dapur ini dapat melukai Anda apabila tidak sengaja menyala atau terjadi malfungsi saat Anda membersihkannya. Oleh sebab itu, pilihlah blender yang dilengkapi fitur pengaman. Pengaman ini bisa berupa pengaturan mesin yang tidak akan menyala sampai Anda memasang bagian penutup dengan baik.

  • Mempertimbangkan tingkat kebisingan

Karena alat ini termasuk sering digunakan, besar suara yang dihasilkan penting untuk diperhatikan. Semakin besar suara, tentu membuat Anda terganggu. Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung mencobanya di toko sebelum membeli.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *