Sebelum membahas harga GPS tracker yang beaneka ragam, baiknya akan diterangkan di sini tentang fungsi dan cara atau panduan memasang GPS itu sendiri. Karena tidak semua orang memahami atau mengerti tentang instalasi GPS dan sering mengeluh bahwa GPS tidak berfungsi, padahal bisa saja karena ada yang terlewatkan, sehingga luput dari pandangan Anda. Memasang GPS pada motor Anda bisa memberi manfaat besar bagi Anda sendiri. Anda bisa memaksimalkan aspek keamanan dan perlindungan pada kendaraan Anda. Di lain sisi, keberadaaan GPS pada sepeda motor juga memberi manfaat untuk menemukan arah, jalur penyelamatan dengan lebih efisien. Tips sederhananya sebagai berikut:

  • Cari dan pasang kartu sim GSM dengan sinyal paling bagus di daerah Anda dengan posisi di tepi miring dan menghadap ke bawah. Pastikan Anda mendengar suara klik yang menandakan posisi sim card sudah benar.
  • Alat ini dirancang bersifat secara tersembunyi. Jadi jangan memasangnya di area terbuka pada  sepeda motor Anda, karena pencuri malah akan tahu letaknya dengan mudah dan melepas GPS tracker Anda. Pastikan posisi GPS tracker ini tak terlihat sehingga tak mudah ditemukan siapapun terkecuali Anda.
  • Pastikan kembali Anda sudah memasang GPS tracker ini dengan cukup kuat dengan direkatkan menggunakan lem yang bagus, jadi jika Anda diharuskan melakukan perjalanan panjang dibarengi dengan hujan, angin dan guncangan, GPS ini tidak terlepas dari tempatnya. Jangan sampai GPS tracker motor Anda jatuh di tengah jalan tanpa Anda sadari.  Gunakan lem berwarna hitam untuk supaya posisi GPS tracker tetap tidak terlalu mudah terlihat.

    Baca Juga:Elektronik Terbaru Dengan Teknologi Yang Luar Biasa

  • GPS tracker dilengkapi dengan antena GPS dan antena GSM. Antena ini berfungsi sebagai pengirim sinyal dan pelacak posisi. Jadi pastikan posisi antena cukup mendapat akses jaringan. Hindari tempat yang berdekatan dengan material berbahan logam karena bisa mengacaukan sinyal.
  • Jika Anda kebingungan, sekadar saran, pasang GPS tracker di sekitar bagasi motor, atau dashboard motor yang cukup bebas logam untuk memasang GPS tracker Anda dan cukup tersembunyi. Sebelum memasang GPS tracker, pastikan kekuatan sinyalnya dengan memasang ponsel dengan kartu sim yang sama pada titik tersebut. Coba menelepon ke nomor ponsel tersebut dan cek kualitas sinyalnya. Bila sinyal baik, maka Anda langsung eksekusi dan pasang GPS tracker Anda pada titik tersebut.

Kisaran harga GPS tracker sendiri beraneka ragam. Jika Anda memilih yang paket komplit seperti sudah termasuk dengan Sim Card, Micro SD 2GB, Fuse set, pemasangan, dan tracking platform bisa berkisar antara Rp. 1.600.000 – 1.750.000. Jika alat trackernya saja, bisa berkisar antara Rp. 1.100.000 hingga Rp. 1.300.000. Jadi, pastikan mempelajari tutorial pemasangan sebelum membelinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *