Seiring perkembangan waktu memasak dengan kompor induksi semakin populer bagi para kaum ibu. Tak heran, dengan menggunakan kompor tersebut dapat membuat masakan menjadi lebih enak. Selain itu, anggapan jika menggunakan kompor tersebut akan lebih menghemat tenaga serta terjaga kehiginiesannya. Namun, harus dicatat tidak semua alat dapur dapat dipakai berpasangan dengan kompor ini. hal itu harus diketahui oleh Anda sebelum memutuskan untuk membeli kompor ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kompor Induksi

  • Cara Kerja Kompor Induksi

Kompor induksi menimbulkan reaksi elektromagnetik antara cona induksi memasak dengan alat dapur yang digunakan. Cara kerja alat tersebut yaitu mirip dengan reaksi baja atau besi yang menempel pada magnet, kemudian reaksi magnetik tersebut yang nantinya akan menciptakan panas. Berbeda dengan kompor biasa yang menggunakan pemanas kemudian mengirim panas tersebut ke alat dapur.

Kompor induksi memberi panas dari reaksi magnetik pada alat dapur itu sendiri, sehingga lebih cepat, aman, dan lebih hemat energi. Tetapi harus diketahui bahwa kompor ini bekerja pada alat dapur yang bentuk alasnya datar yang terbuat dari besi atau stainless steel, salah satunya adalah panci. Cara menguji apakah alat dapur tersebut dapat berfungsi jika menggunakan kompor ini adalah dengan meletakkan alat masak diatas kompor, apabila alat masak tersebut menempel pada magnet maka bisa digunakan untuk memasak.

  • Kelebihan Kompor Induksi

Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa kompor induksi akan sendirinya memanaskan alat masaknya saja, sehingga misalnya Anda menggunakan kompor ini untuk merebus air maka akan lebih cepat dan lebih menghemat waktu. Suhu yang diciptakan pada kompor ini sangat stabil dan presisinya sangat baik, panas yang seperti ini akan sangat dibutuhkan ketika Anda ingin memasak hidangan yang membutuhkan panas yang konsisten.

Kompor induksi juga dapat mencegah kejadian dimana biasanya secara tidak sengaja meninggalkan kompor saat sedang menyala. Kompor ini hanya akan menyala jika alat masak berada diatas kompor saja. Selain bagus untuk memasak, desain kompor yang rata dan elegan akan membuat penampilan dapur Anda menjadi lebih estetik.

  • Kekurangan Kompor Induksi

Selain beberapa kelebihan tadi, ternyata kompor ini juga memiliki kekurangan. Misalnya karena kompor ini menggunakan reaksi magnetik maka hanya alat masak dari bahan tertentu saja yang dapat digunakan, seperti besi atau stainless steel. Kemudian agar reaksi magnetik tersebut dapat melekat sempurna, maka peralatan masak Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan kompor ini. Anda tidak bisa menggunakan alat masak seperti wajan karena permukaannya yang melengkung sehingga tidak dapat menghantarkan elektromagnetik. Kompor induksi memiliki harga yang lebih mahal daripada jenis kompor gas atau kompor listrik. Namun, dengan mahalnya kompor ini akan lebih menghemat energi dan waktu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *