Sebelum membicarakan harga TV, ada baiknya Anda mengetahui dulu perbedaan dari TV LED dan LCD untuk membantu Anda memilih mana kebutuhan yang sebenarnya Anda perlukan. Untuk penampilan fisik, LED dan LCD tampak sama, tipis, berlayar datar, ketajaman warna dan modelnya juga eksklusif. Namun, jika diterawang lebih lanjut, sebenarnya LED dan LCD memiliki beberapa fitur dan kualitas yang berbeda.

Kedua teknologi canggih tersebut memiliki perbedaan pada daya listriknya. Untuk LCD yang masih menggunakan sinar fluorescent sedangkan layar TV LED menggunakan lampu LED (light emiting diode) yang membuatnya menampilkan warna pada layar lebih tajam dan pekat serta menjadi lebih hemat energi dari 50 hingga 70% (menghemat biaya bulanan Anda juga tentunya). Teknologi LED juga terbilang lebih baru daripada LCD, LED dirilis pada tahun 2004 sedangkan LCD di tahun 1970-an.

Biarpun gradasi warna pada LCD lebih sedikit dibanding LCD, harga TV LCD lebih murah daripada LED, pengaturan pada TV gampang dan ringan. Mata juga tidak gampang lelah jika menonton film di layar LCD. Sedangkan kelebihan LED adalah layarnya memiliki kontras warna dengan jutaan pixels, sehingga membuat Anda senang menonton film dengan kualitas blu-ray 3D lalu ukurannya juga lebih ramping. Hanya saja perawatannya lebih mahal dan sedikit lebih sensitif.

Baca Juga:Harga TV LED 65 Inch

TV LED merk Samsung yang sudah pasti Anda tahu bahwa produsen raksasa dari asal Korea ini memiliki keunggulan dalam produk – produk elektroniknya seperti mesin cuci, ponsel dan lain – lain termasuk TV ini. Salah satu produk TV LED Samsung dengan tipe seri 4 UA32EH4003M dengan layar ukuran 32 inch dipasarkan dengan harga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 2.200.000 hingga Rp. 2.500.000. Adapun spesifikasi TV LED Samsung jenis ini adalah menjadikannya sebagai home theater di rumah Anda hanya dnegan menggunakan flashdisk atau media lainnya yang ditancapkan ke TV. Untuk mendengarkan musik atau menampilkan foto dengan menggunakan memory card Anda juga bisa karena bisa menggunakan kabel data atau card reader.

Sedangkan TV LCD Samsung dengan tipe LA32D400 dengan ukuran 32 inch juga dipasang harga dengan kisaran Rp. 2.000.000 hingga Rp.2.300.000. Harga TV LCD memang tergolong lebih murah daripada LED karena fiturnya tidak selengkap LED. Namun fitur seperti auto channel search, sleep timer, dan penghitung jam sudah pasti ada di TV LCD ini.

Jadi, buat Anda yang sedang kebingungan ini memilih LED atau LCD, semoga artikel ini bisa membantu memilih dan mengurangi kebingungan Anda. Mau itu LED atau LCD, kalau  bisa cari yang sesuai kebutuhan, dan keuangan Anda. Selamat memilih dan berbelanja ya, guys.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *