Home Tips & Trik Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Kulkas dengan 7 Cara Ini!

Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Kulkas dengan 7 Cara Ini!

by Caswitin
cara menghilangkan bau kulkas

Kulkas berfungsi sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan minuman agar awet dan tetap segar. Akan tetapi, terkadang beberapa orang membiarkan makanan atau minuman terlalu lama. Hal ini akhirnya menyebabkan bau tak sedap pada kulkas. Terutama bahan-bahan seperti daging, ikan, bawang, yang memiliki bau menyengat dan kerap bertahan lama. Sebaiknya anda tidak membiarkan hal ini. Sebab, selain menimbulkan bau tak sedap, kulkas yang jarang dibersihkan akan merusak kualitas makanan yang anda simpan. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir lagi, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bau kulkas yang dapat anda coba di rumah!

1. Menggunakan cuka

Cara menghilangkan bau kulkas yang pertama adalah menggunakan cuka. Apabila anda memiliki cuka di rumah, anda dapat membasahi lap bersih dengan cuka kemudian gosok bagian dalam kulkas dan diamkan selama 30 menit. Kulkas anda akan terbebas dari bau tak sedap.

2. Memanfaatkan lemon

Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bau tak sedap. Kesegaran yang dimiliki lemon terbukti ampuh mengusir bau. Cara menghilangkan bau kulkas dengan lemon adalah isi wadah bersih dengan air yang diberi perasan lemon. Kemudian masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga 30 menit. Aroma lemon akan menghilangkan bau tak sedap di dalam kulkas.

cara menghilangkan bau kulkas

cara menghilangkan bau kulkas

3. Vanili

Selain digunakan untuk menambahkan aroma pada masakan, wangi vanili juga dapat mengusir bau pada kulkas. Cara menghilangkan bau busuk di kulkas menggunakan vanili adalah dengan menuangkan vanili pada kapas kemudian letakkan dalam kulkas. Biarkan semalaman. Aroma vanili akan menggantikan bau busuk pada kulkas anda.

4. Menggunakan bubuk kopi dan arang

Cara menghilangkan bau kulkas selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bubuk kopi dan arang. Anda dapat meletakkan bubuk kopi di atas wadah kecil. Masukkan ke dalam kulkas. Diamkan beberapa hari. Bubuk kopi dan arang akan membuat kulkas anda terasa wangi kembali.

Baca Juga:  Berikut Tips untuk Memperbaiki Kulkas 2 Pintu yang Tidak Dingin

5. Menggunakan baking soda

Bahan alami yang satu ini terkenal dalam urusan kebersihan. Cara menghilangkan bau kulkas dengan baking soda adalah tempatkan wadah berisi campuran air dan baking soda di dalam kulkas. Tutup kulkas dan diamkan sebentar. Perlahan bau tak sedap pada kulkas akan menghilang dengan sendirinya.

cara menghilangkan bau kulkas

cara menghilangkan bau kulkas

6. Garam

Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga dapat dipakai sebagai cara menghilangkan bau kulkas. Caranya pun cukup sederhana. Larutkan 5 sendok garam dengan 2 liter air hangat. Pastikan garam benar-benar larut guna menghindari gesekan yang dapat menggores kulkas. Kemudian gosok permukaan kulkas menggunakan spons yang sudah direndam air garam. Jangan lupa untuk mengeringkan kulkas, ya!

7. Bersihkan kulkas secara rutin

Bahan-bahan alami diatas memang mampu mengusir bau pada kulkas. Akan tetapi, anda tetap harus rutin membersihkan kulkas sebagai cara menghilangkan bau amis di kulkas. Bahan makanan yang disimpan terlalu lama tentu dapat membusuk sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu, tidak menutup wadah penyimpanan makanan juga dapat menjadi penyebabnya. Anda dapat melakukannya sekali dalam seminggu. Bersihkan seluruh permukaan kulkas hingga pintu kulkas. Matikan kulkas agar bunga es dapat mencair.

Nah, itulah tadi 7 cara menghilangkan bau kulkas yang dapat anda lakukan. Usahakan untuk menggunakan bahan-bahan alami ketika membersihkan kulkas guna menghindari kerusakan. Dan jangan lupa untuk mengeringkan kembali bagian kulkas setelah selesai dibersihkan. Dengan bantuan beberapa bahan alami, bau menyengat dan amis dapat hilang sehingga kualitas makanan lebih terjaga dan kulkas terasa harum.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More