Mesin pembuat kopi atau coffee maker memiliki peran yang sangat penting bagi Anda yang memiliki hobi ngopi. Dengan membuat kopi melalui mesin ini, maka Anda pun dapat merasakan kesegaran pada saat menyeduh kopi. Akan tetapi memiliki mesin pembuat kopi ternyata tidak terlepas dari melakukan perawatan, sehingga bagi Anda yang memiliki mesin pembuat kopi harus melakukan perawatan secara rutin agar mesin pembuat kopi selalu dalam kondisi yang baik dan awet.

Ingat! Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Menggunakan Coffee Maker

Melakukan perawatan secara rutin pun juga harus diperhatikan dengan baik, karena minyak pada kopi akan tertinggal dan akan menumpuk di dalam mesin pembuat kopi, sehingga jal ini pun menjadikan kopi terasa tengik atau busuk. Kerak putih maupun endapan mineral juga bisa terbentuk di dalam mesin pembuat kopi jika memang Anda terlalu sering menggunakan air kran. Sedangkan air kran juga bisa mempengaruhi pada sistem pemanas yang ada pada mesin pembuat kopi dan arus air

Bagi Anda yang sudah memiliki mesin pembuat kopi atau coffee maker, maka penting sekali untuk melakukan perawatan secara rutin agar mesin pembuat kopi dapat bertahan dengan awet dan aroma kopi yang Anda nikmati pun tetap terjaga kesegarannya. Untuk melakukan perawatan yang benar pun juga dapat dilakukan dengan mudah dan benar. Jika Anda belum mengetahui tata cara melakukan perawatannya, maka Anda dapat untuk mengintip pada beberapa langkah berikut:

  1. Cucilah mesin pembuat kopi sekali dalam sebulan menggunakan air bersih dan cuka. Komponen acid yang ada pada cuka dapat menghilangkan minyak kopi dan noda yang menempel pada mesin pembuat kopi.
  2. Anda dapat untuk menggunakan alat khusus pada saat mencuci mesin pembuat kopi.
  3. Rendamlah teko kopi, penyaring kopi, tutup teko 1x dalam seminggu dengan menggunakan air sabun cuci maupun campuran air hangat yang dicampur dengan cuka putih kurang lebih 1 jam lalu keringkan.
  4. Anda dapat untuk menggunakan kain, baking soda maupun sikat gigi untuk membersihkan pada bagian celah-celah yang terlalu sulit untuk dibersihkan.
  5. Anda juga dapat menggunakan semprotan angina atau sprayer untuk dapat menghilangkan partikel debu yang ada dari elemen pemanas mesin pembuat kopi dan juga pada bagian yang lainnya.
  6. Gantilah teko kopi yang sudah retak supaya kopi tidak mengalir keluar.

Melakukan perawatan pada coffee maker harus dilakukan secara rutin dengan cara yang benar. Sama halnya dengan langkah-langkah yang ada di atas yang harus diperhatikan dengan baik sebelum Anda melakukan perawatannya, jika Anda melakukan perawatan dengan cara yang salah, maka hal ini pun akan menjadikan mesin pembuat kopi Anda mudah mengalami kerusakan dan tidak mampu bertahan lebih lama.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *