Kipas angin tentu sudah menjadi benda yang seolah wajib ada di rumah-rumah. Ya, mengingat kondisi cuaca di Indonesia yang cenderung tropis maka tak heran jika kipas berangin ini harus ada di rumah sehingga bisa memberikan kesejukan udara lebih ketika kondisi cuaca sedang panas. Biasanya kipas berangin ini sendiri terdiri dari 2 jenis yakni kipas yang dipasang di langit-langit rumah, atau juga ada kipas yang digunakan secara portable dan fleksibel yang bisa dipindah-pindah.

Saat ini kipas berangin sudah diproduksi dengan ragam merek, ukuran, warna, fitur hingga harga yang juga variatif. Jika kini Anda sedang berencana untuk membeli kipas berangin, maka ada baiknya mempertimbangkan dengan benar dalam hal pemilihannya. Hal ini lantaran jika memilih yang kurang bagus, maka kipas berangin Anda akan mudah sekali rusak dan tentunya Anda akan rugi. Berikut ini beberapa trik dalam memilih kipas berangin yang tepat:

  • Periksa komponennya

Komponen di dalam kipas berangin tentu cukup banyak. Anda tidak perlu jadi ahli kipas berangin, namun cukup memeriksa secara sekilas saja mulai dari body hingga spool. Selain itu motor penggeraknya juga harus diperiksa lebih dalam sehingga bisa diketahui benar kualitasnya. Periksa juga bagian daun kipas, tombol pencetan serta semua bagian secara teliti.

  • Daun kipas

Untuk mendapatkan angin, maka mesin penyejuk udara ini dibekali dengan daun kipas. Untuk daun kipas, ukurannya biasanya lebar dan tebal. Bagi Anda yang sedang akan membeli, maka pastikan jika daun kipasnya tebal dan besar yang sesuai dengan ukuran keseluruhannya. Dengan cara ini, maka Anda akan bisa dengan lebih mudah dalam mendapatkan angin.

Baca Juga:Pilihan Kipas Angin yang Akan Membuat Rumah Semakin Sejuk

  • Tebal gagang leher

Tebal dan tipisnya gagang leher yang ada pada kipas berangin ini harus Anda pertimbangkan. Hal ini lantaran gagang leher ini akan menentukan apakah kipas angin yang Anda pilih itu mudah jatuh atau tidak nantinya.

  • Motor kipas

Selanjutnya perhatikan juga motor kipasnya. Jika motor kipas berangin ketika dinyalakan dan berputar, lihat jika putarannya normal atau tersendat. Jangan pilih yang motor kipasnya menyendat karena akan mudah rusak. Selain itu, dengarkan juga suara putaran dari motor kipas. Untuk kipas berangin terbaik tidak akan mengeluarkan suara mengganggu ketika berputar dan arus anginnya juga mengalir baik.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam hal pemilihan kipas angin. Jangan lupa juga memilih yang dayanya hemat. Mengingat kini sudah banyak jenis kipas berangin di pasaran, maka sesuaikan pemilihannya dengan luas ruangan, ingin kipas berkaki atau tidak dan ukuran yang pas besarannya. Merek kipas pun kini sudah sangat beragam, sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *