Tidak bisa diabaikan bahwa penggorengan listrik bukanlah produk kebutuhan dapur utama yang banyak dicari orang. Hal ini mengakibatkan jarangnya ditemukan penggorengan listrik di dapur. Sebenarnya alat ini benar-benar diperlukan atau tidak? Untuk menjawab apakah Anda benar-benar memerlukan produk ini, kami akan membahas keunggulan dan kekurangannya.

Keunggulan dari Penggorengan Listrik

Keunggulan utama penggorengan listrik yaitu Anda tidak perlu menghidupkan kompor gas untuk menggoreng. Hanya dengan mencolokkan colokan pada soket listrik, Anda sudah bisa langsung menggoreng. Dengan memakai peralatan ini, Anda juga bisa mengontrol suhu minyak. Sehingga tingkat kematangan gorengan bahkan akan lebih merata. Selain itu, Anda bisa menggoreng di meja atau di mana saja, tanpa harus berada di dapur.

Ingin Membeli Penggorengan Listrik? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya
Ingin Membeli Penggorengan Listrik? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan dari Penggorengan Listrik

Salah satu kekurangan dari penggorengan listrik adalah perlunya minyak goreng yang banyak untuk menggoreng. Anda harus menuang jumlah minyak goreng yang sesuai dengan takaran yang telah dicantumkan. Meskipun hanya untuk menggoreng dalam jumlah kecil. Dengan demikian, minyak goreng yang tersisa pun menjadi banyak. Selain itu, banyak yang beranggapan bahwa alat ini membuat dapur menjadi penuh. Ukurannya yang cukup besar membuat Anda harus menyediakan ruang penyimpanan ekstra. Oleh karena itu, betapa bagusnya Anda mempertimbangkan besar dan ukuran yang sesuai sewaktu memilih penggorengan.

Cara Memilih Penggorengan

Apa saja yang harus diperhatikan sewaktu memilih? Berikut adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan sewaktu memilih penggorengan, antara lain:

Baca juga: Daftar Rice Cooker Micom Terbaru dan Terbaik 2018

 

  • Pilih Tipe yang Cocok

 

Secara umum, penggorengan listrik terdiri dari 2 jenis, yaitu yang menggunakan minyak dan yang tidak menggunakan minyak (air fryer). Pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Peralatan yang menggunakan minyak banyak ditemukan di pasaran. Dibandingkan dengan menggoreng menggunakan tungku gas, Anda bisa mengontrol temperatur minyak. Anda bahkan tidak perlu takut gorengan Anda tidak matang atau menjadi gosong. Jika Anda memilih jenis ini, sebaiknya memilih ukuran yang relatif kecil untuk menghindari minyak sisa yang banyak. Jenis ini cocok untuk Anda yang tinggal sendiri atau berdua.

 

  • Tipe Air Fryer

 

Saat ini, air fryer menjadi pilihan populer banyak kalangan. Air fryer menggoreng dengan sirkulasi udara panas, sehingga Anda tidak perlu menggunakan minyak goreng untuk menggoreng. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol temperatur dan waktu yang diperlukan untuk menggoreng yang sesuai dengan keinginan.

 

  • Sesuaikan Ukuran

 

Pilihlah ukuran penggorengan listrik yang sesuai dengan kebutuhan. Jika hanya ingin menggoreng dalam jumlah kecil, pilihlah ukuran di bawah 0,5 liter. Bila ingin menggoreng dalam jumlah sedang, pilihlah ukuran 0,5-1 liter. Namun, jika sering menggoreng dalam jumlah besar, pilihlah ukuran di atas 1 liter. Sebelum membeli, alangkah baiknya Anda memastikan ruang penyimpanan yang cukup.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *